Saturday, June 9, 2012

Tangan Asing di Balik Gejolak Papua?

Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - Penembakan yang melibatkan militer dan sipil terus terjadi di tanah Papua. Korban berjatuhan semakin banyak. Wakil Ketua Komisi I DPR, TB Hasanuddin mensinyalir ada tangan asing yang ikut berperan dalam rentetan gejolak di wilayah Indonesia paling timur itu.

Menurut dia, melihat data tindakan kekerasan yang terjadi dalam 18 bulan terakhir saja, korban telah berjatuhan tersebar di hampir semua kota di  wilayah Papua.

Di Sorong satu orang warga sipil meninggal, di Puncak Jaya tujuh orang aparat  meninggal  dan satu luka,  warga sipil yang ikut jadi korban meninggal lima orang dan luka dua orang, di Mulia satu orang aparat meninggal, di Wamena satu orang aparat meninggal, di Abepura empat  warga sipil meninggal,  di Jayapura satu aparat meninggal , lima warga sipil meninggal, di Merauke dua aparat meninggal, di Timika/mimika tiga aparat meninggal dan satu luka, korban dari warga sipil tiga luka,  di Paniai satu warga sipil meninggal dan empat luka.

"Di lihat dari wilayah penyebaran  dan waktu kejadiannya, terlìhat jelas kasus ini sepertinya terorganisir dengan rapi, sistimatis dalam memilih sasaran, direncanakan dengan baik dan dengan biaya yang cukup besar melalui "operator lokal" di lapangan," kata dia dalam rilisnya kepada Okezone, Minggu (10/6/2012).

Tujuannya antara lain menciptakan instabilitas di Papua dalam rangka mendorong dan mempercepat Papua keluar dari wilayah NKRI. Ketika skenario itu muncul, tambahnya, pemerintah dan aparat daerah dalam keadaan tidak solid (atau dibikin tak solid?) .

"Pemda tidak efektif sama sekali, disusul dengan riuh rendahnya pilkada yang menimbulkan ketegangan-ketegangan baru," ungkapnya.

Sementara itu, aparat intelejen hampir tak berdaya mengungkap dalang dari semua kejadian-kejadian di atas. "Malah terkesan saling curiga satu sama lain," sesalnya.
(trk)

Tangan Asing di Balik Gejolak Papua? Gallery

Tangan Asing di Balik Gejolak Papua? Tangan Asing di Balik Gejolak Papua? Tangan Asing di Balik Gejolak Papua? Tangan Asing di Balik Gejolak Papua? Tangan Asing di Balik Gejolak Papua? Tangan Asing di Balik Gejolak Papua? Tangan Asing di Balik Gejolak Papua?

0 comments:

Post a Comment