Friday, June 29, 2012

Kenali Empat Penyebab Bau Badan


VIVAlife – Bau badan muncul ketika tubuh mengeluarkan keringat. Hal ini diesebabkan oleh adanya kelenjar keringat yang terdapat pada pori-pori kulit. Semakin banyak tubuh memproduksi cairan, maka keringat yang dihasilkan juga banyak.

Keringat yang berlebih terkadang membuat aktivitas tak nyaman. Aroma tak sedap juga membuat kita kurang percaya diri. Tak heran, jika banyak perusahaan yang menjual deodaran dan wewangian untuk menanggulangi masalah ini.

Sumber bau badan dipengaruhi oleh beberapa penyebab, diantaranya:

Pola makan
Kurangnya makanan bergizi dalam diet akan menyebabkan bau badan. Jika Anda salah satu pecinta makanan pedas dan berminyak, Anda akan memiliki bau badan yang sangat kuat. Daging merah, rempah-rempah dan bawang putih juga dapat menyebabkan bau badan tak sedap.

Rambut pada ketiak
Jika Anda tidak pernah membersihkan ketiak, Anda akan menebar bau tak sedap. Ketiak memiliki sejumlah kelenjar apokrin (kelenjar keringat) yang cukup banyak. Cobalah untuk mencukur dan mencucinya secara teratur untuk membunuh bakteri dan menghilangkan bau badan.

Tekanan atau stres

Menghadapi tekanan yang tinggi juga memicu keringat yang berlebih. Saat Anda merasa tegang atau sters, Anda akan berkeringat lebih banyak. Telapak tangan, kaki dan tubuh mulai mensekresi keringat, bau tak sedap pun mulai keluar. Saat Anda tegang, tubuh Anda juga akan mengeluarkan kortisol (hormon stres). Kortisol berfungsi untuk membantu Anda dalam melawan kecemasan dengan meningkatkan jumlah produksi keringat.

Pencernaan
Bau badan, tinja atau urin adalah masalah umum yang sering dihadapi saat memiliki sistem metabolism yang lambat. Sembelit dan masalah lambung dapat meningkatkan bau badan. Saat Anda menderita masalah pencernaan, tubuh akan mengeluarkan racun yang menyebabkan bau tak sedap.

Kenali Empat Penyebab Bau Badan Gallery

Kenali Empat Penyebab Bau Badan Kenali Empat Penyebab Bau Badan Kenali Empat Penyebab Bau Badan Kenali Empat Penyebab Bau Badan Kenali Empat Penyebab Bau Badan Kenali Empat Penyebab Bau Badan Kenali Empat Penyebab Bau Badan

0 comments:

Post a Comment