Friday, June 29, 2012

Alasan Sulit Ingat Nama Orang


VIVAnews -  Baru saja berkenalan. Belum ada sepuluh menit berlalu. Tapi, sudah lupa nama orang itu. Apakah 'penyakit' ini kerap menimpa Anda?

Profesor Richard Harris dari Kansas University, mengatakan kondisi itu sangat jamak. Bukan karena mengalami gangguan ingatan, tapi semata karena Anda tidak mengganggap orang tersebut penting.

"Ingat atau tidak ingat itu masalah kepentingan personal," ujarnya di laman Shine. "Jika kita merasa tak akan bertemu lagi, tak membutuhkan orang itu di kemudian hari, dan tak menarik perhatian, potensi melupakan namanya sangat besar."

Meski demikian, Harris mengatakan perlunya strategi untuk mengingat semua nama orang yang kita temui. Bisa mengingat nama orang cukup bermanfaat untuk membina relasi yang baik di masa datang. "Cara termudah adalah memulai kebiasaan mengulang-ulang namanya usai berkenalan."

Demi melawan serangan 'penyakit' itu, Anda bisa mengikuti dua jurus ampuh berikut:

• Kaitkan dengan nama populer
Bisa mengaitkan namanya dengan nama artis, teman, atau anggota keluarga yang mirip. Misalnya, Rini, segera bayangkan sosok Syahrini. Dijamin Anda tak akan lupa namanya.

• Asosiasi nama dengan gambar
Jika Anda bertemu dengan seorang klien bernama Rosa, mungkin Anda bisa bayangkan dia sebagai bunga mawar. Atau jika namanya Tita, Anda bisa mengaitkannya dengan kapal Titanic. (umi)

Alasan Sulit Ingat Nama Orang Gallery

Alasan Sulit Ingat Nama Orang Alasan Sulit Ingat Nama Orang Alasan Sulit Ingat Nama Orang Alasan Sulit Ingat Nama Orang Alasan Sulit Ingat Nama Orang Alasan Sulit Ingat Nama Orang Alasan Sulit Ingat Nama Orang

0 comments:

Post a Comment