Thursday, June 21, 2012

PDIP Tak Akan Usung Capres dari Luar Partai

Puan Maharani (Foto: Dok Okezone)
Puan Maharani (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA – Meski belum menentukan siapa yang akan diusung dalam Pilpres 2014 mendatang, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah memastikan akan mengusung figur yang berasal dari internal.

Hal ini diungkapkan Ketua Fraksi PDIP Puan Maharani. "Selama kami bisa maju atas nama PDIP, tentu kami akan maju sebagai PDIP, walaupun silaturahmi dari partai lain tentunya kami lakukan, karena Pilpres ini tidak bisa sendiri. Pilpres ini bagaimana pemenangan nasional bersama-sama dengan yang lain," jelasnya kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (22/06/2012).

Kendati demikian, PDIP belum memastikan siapa figur yang akan diusung untuk menjadi calon RI I tersebut. "Memang kita sudah menyerahkan kepada Ketum bahwa kami bersama-sama Ketum tentu melihat gelagat politik untuk menetapkan siapa yang maju pada Pilpres," imbuhnya.

Kata Puan, pihaknya akan menunggu penentuan calon sampai setelah RUU Pilpres disahkan. Karena seperti diketahui, tiap-tiap partai politik yang ada di DPR memiliki usulan yang berbeda-beda, terkait syarat untuk pengajuan capres yang akan dicantumkan di dalam UU Pilpres.

"Percuma menyiapkan calon kalau tidak memenuhi syarat administratif untuk maju dalam Pilpres. PDIP mempunyai mekanisme sendiri bahwa tidak perlu juga kita ikut-ikut aturan yang ada di partai lain apakah memang kita mencukupi untuk maju atau tidak untuk maju ke Pilpres. RUU Pilpres sampai saat ini dalam wacana untuk dibahas,” terangnya.

Selain itu, tambah Puan, dalam waktu dekat partai berlambang banteng moncong putih ini juga akan fokus terlebih dahulu untuk memenangkan pemilihan legeslatif, sebelum beranjak ke Pilpres di 2014.

"Kita belum tahu persyaratan berapa persen yang akan diputuskan untuk maju dalam pilpres. Jadi kalau kemudian kita sekarang terburu-buru untuk maju dàlam Pilpres ternyata tidak memenuhi persyaratan yang ada untuk apa? Jadi PDIP tetap fokus pada konsolidasi partai untuk pemenangan Pileg. Kita harus konsolidasi, baik internal dan eksternal terhadap pemenangan Pileg," pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Puan menegaskan bahwa meskipun merasa senang, partainya  tidak akan terbuai dengan hasil survei capres yang menyatakan bahwa hingga saat ini ternyata Ketua Umum PDIP, Megawati masih memiliki elektabilitas yang sangat tinggi. Karena, menurut Puan, hasil survei dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada dinamika politik.

"Kita bersyukur bahwa survei yang ada masih menunjukan Ibu Mega dalam posisi yang lebih baik. Tapi kita juga harus lihat realitas tahun depan dan 2014, yang namanya survei itu bisa berubah-ubah, setiap hari setiap waktu itu langsung perubahanya, jadi kami tentu saja akan mencermati hal tersebut dan survei menjadi salah satu dasar siapapun calon yang diajukan," ungkap Puan.
(ful)

PDIP Tak Akan Usung Capres dari Luar Partai Gallery

PDIP Tak Akan Usung Capres dari Luar Partai PDIP Tak Akan Usung Capres dari Luar Partai PDIP Tak Akan Usung Capres dari Luar Partai PDIP Tak Akan Usung Capres dari Luar Partai PDIP Tak Akan Usung Capres dari Luar Partai PDIP Tak Akan Usung Capres dari Luar Partai PDIP Tak Akan Usung Capres dari Luar Partai

0 comments:

Post a Comment