Monday, June 18, 2012

IPW Desak Kapolri 'cuci gudang' di Polda Papua

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)
Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA -  Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane, meminta Kapolri untuk segera mengganti Kapolda Papua, Wakapolda, dan Dir Intelkam Polda Papua.

“Mutasi ini perlu dilakukan agar jajaran Polda Papua bisa segera dikonsolidasikan, untuk kemudian membangun sistem keamanan yang solid di Papua," kata Neta, melalui pesan singkatnya, Jakarta, Selasa (19/6/2012).

Sistem keamanan, deteksi dini dan dialog dengan masyarakat, lanjut Neta, tidak akan bisa terbangun, jika jajaran Polda Papua tidak solid. Ketidaksolidan itu terlihat dari tidak terantisipasinya aksi-aksi massa belakangan ini. Bahkan, aksi tersebut sudah membuat polisi menjadi korban.

IPW juga mengimbau pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendesak Kapolri segera mengevaluasi kinerja jajaran Polda Papua. "Jangan gara-gara elite-elite Polda Papua tidak solid, jajaran kepolisian di Papua menjadi tidak profesional dalam menjaga kamtibmas di daerah tersebut. Akibatnya, masyarakat yang menjadi korban dalam konflik berkepanjangan," paparnya.

Berdasarkan pengamatan IPW di Papua, ada dua kelompok masyarakat, yaitu pesisir dan pegunungan. Kelompok  masyarakat  pegunungan diakuinya, lebih radikal dan militan. Mereka mudah diprovokasi oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Sejumlah kekacauan belakangan ini pun diduga akibat rekayasa dan ulah provokasi oknum-oknum tersebut.

"Jika Jajaran Polda Papua solid hal ini tidak akan terjadi. Polda akan lebih bisa melakukan deteksi dini dan antisipasi serta melakukan dialog kepada masyarakat agar tidak mudah terpropokasi, meskipun kesenjangan sosial ekonomi begitu tinggi di Papua," imbuhnya.

Ada indikasi aksi-aksi massa yang direkayasa untuk saling menjatuhkan citra pejabat publik di Papua. Namun, jika Polda Papua solid hal ini tidak akan terjadi.

Untuk itu, IPW mendesak Kapolri segera melakukan 'cuci gudang' di Polda Papua dan menempatkan figur yang mampu melakukan dialog dengan masyarakat, deteksi dini, dan antisipasi situasi dengan cepat dan cermat agar kekacauan tidak berkepanjangan.

(ydh)

IPW Desak Kapolri 'cuci gudang' di Polda Papua Gallery

IPW Desak Kapolri 'cuci gudang' di Polda Papua IPW Desak Kapolri 'cuci gudang' di Polda Papua IPW Desak Kapolri 'cuci gudang' di Polda Papua IPW Desak Kapolri 'cuci gudang' di Polda Papua IPW Desak Kapolri 'cuci gudang' di Polda Papua IPW Desak Kapolri 'cuci gudang' di Polda Papua IPW Desak Kapolri 'cuci gudang' di Polda Papua

0 comments:

Post a Comment