Tuesday, May 29, 2012

Waspada, Perempuan Lebih Berpotensi Kena HIV/AIDS

Ilustrasi peringatan Hari AIDS sedunia (Dok: Sindo TV)
Ilustrasi peringatan Hari AIDS sedunia (Dok: Sindo TV)

PAREPARE - Perempuan dinilai paling berpotensi terserang HIV/AIDS ketimbang pria. HIV/AIDS cenderung menyerang melalui tiga media, yakni darah, cairan sperma, serta cairan vagina.
 
“Mengingat perempuan paling rentan terhadap serangan HIV/AIDS, tentu kaum perempuan harus lebih safety. Karena HIV/AIDS bisa saja dibawa dari pasangan dan tentu dapat pula menular pada bayi dalam kandungan,” jelas anggota Komisi Pemberdayaan AIDS (KPA) Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Andi Nila Ridha.

HIV/AIDS lanjut dia, kali pertama ditemukan pada 1981 di Amerika. Di Indonsia saja, virus yang menyerang kekebalan tubuh itu muncul di Bali pada 1987.

“Bali sendiri merupakan benang merah yang bukan lagi bersifat endemik atau hanya menyerang sekelompok orang saja,” sambung Nila.

Nila mengimbau kepada masyarakat untuk berperan serta menanggulangi penyebaran HIV/AIDS. Dengan peran serta masyarakat, pertumbuhan HIV/AIDS bisa diminimalisasi.

Selain itu, sosialisasi juga gencar dilakukan KPA untuk memberikan pemahaman terhadap pelajar dan mahasiswa tentang bahayanya penularan HIV/AIDS, terutama melalui seks bebas.

“Melalui sosialisasi yang gencar, kami berharap masyarakat lebih yakin dalam memerangi HIV/AIDS serta pencegahannya,” tandasnya.

(Dearwiaty/Koran SI/ton)

Waspada, Perempuan Lebih Berpotensi Kena HIV/AIDS Gallery

Waspada, Perempuan Lebih Berpotensi Kena HIV/AIDS Waspada, Perempuan Lebih Berpotensi Kena HIV/AIDS Waspada, Perempuan Lebih Berpotensi Kena HIV/AIDS Waspada, Perempuan Lebih Berpotensi Kena HIV/AIDS Waspada, Perempuan Lebih Berpotensi Kena HIV/AIDS Waspada, Perempuan Lebih Berpotensi Kena HIV/AIDS Waspada, Perempuan Lebih Berpotensi Kena HIV/AIDS

0 comments:

Post a Comment