Wednesday, May 30, 2012

Wapres Kumpulkan Menteri Bahas Pencegahan Korupsi

Ilustrasi (Foto: Koran SI)
Ilustrasi (Foto: Koran SI)

JAKARTA - Wakil Presiden Boediono mengumpulkan sejumlah menteri di Istana Wapres guna membahas pemberantasan korupsi yang diimplementasikan dengan dikeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 tahun 2012.
 
Pantauan Okezone, Rabu (30/5/2012), tampak hadir Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Kapolri Timur Pradopo, Jaksa Agung Basrief Arief, Wamen Menkeu Mahendra Siregar, dan Kepala UKP4 Kuntoro Mangunkusubroto.
 
"Perpres ini mengatur secara rinci strategi kita jangka menengah sampai 2014 dan jangka panjang hingga 2025. Strategi pencegahan dan pemberantasan korupsi," ujar Wakil Presiden, Boediono dalam sambutanya di kantornya, Rabu (30/5/2012).
 
Menurut Boediono, untuk  memberantas korupsi tidak cukup hanya pada penindakan melainkan harus menyangkut berbagai aspek.
 
"Mulai dari pencegahan, pendidikan pada masyarakat dan lain-lain. Dalam Perpres ini sangat detail disebutkan secara sistematis dan konseptual apa yang harus dilakukan agar korupsi bisa dihapus dari tanah air," tuturnya.
 
Selain itu, lanjutnya, pencegahan korupsi juga terkait erat dengan reformasi birokrasi. "Penataan birokrasi kalau tidak dibarengi untuk memberantas dan mencegah korupsi di pemerintahan akan sulit. Sebaliknya, upaya menuntaskan korupsi tidak akan langgeng kalau tidak ada penataan birokrasi. Keduanya satu sama lain bisa dikatakan terkait dalam satu tujuan yang sama," paparnya.
 
Lebih lanjut, Boediono, mengatakan bahwa strategi tersebut memiliki sasaran tidak saja instansi pemerintah, tetapi juga instansi diluar pemerintah dan masyarakat juga menjadi sasaran. "Ini akan dijabarkan menjadi langkah yang konkrit setiap tahunnya. Bahkan setiap instansi. Ini pekerjaan yang besar sekali," katanya.

(ful)

Wapres Kumpulkan Menteri Bahas Pencegahan Korupsi Gallery

Wapres Kumpulkan Menteri Bahas Pencegahan Korupsi Wapres Kumpulkan Menteri Bahas Pencegahan Korupsi Wapres Kumpulkan Menteri Bahas Pencegahan Korupsi Wapres Kumpulkan Menteri Bahas Pencegahan Korupsi Wapres Kumpulkan Menteri Bahas Pencegahan Korupsi Wapres Kumpulkan Menteri Bahas Pencegahan Korupsi Wapres Kumpulkan Menteri Bahas Pencegahan Korupsi

0 comments:

Post a Comment