Thursday, May 31, 2012

Perang Demi Seorang Wanita

Cover buku Seribu Kapal (Age of Bronze - A Thousand Ships)
Cover buku Seribu Kapal (Age of Bronze - A Thousand Ships)

PERANG Troya berkecamuk di kota Troy lewat penyerbuan Achaea (Yunani) gara-gara Paris dari Troy mengambil Helen dari suaminya Menelaus, raja Sparta. Perang ini salah satu peristiwa paling penting dalam mitologi Yunani.

Riwayatnya diabadikan melalui berbagai karya sastra Yunani, terutama lewat Iliad karya Homer dan Odyssey. Iliad menceritakan bagian dari tahun terakhir pengepungan Troy, sedangkan Odyssey menggambarkan perjalanan pulang Odysseus.

Bagian lain dari perang telah diabadikan dalam pelbagai puisi epik dan telah dibuatkan fragmen. Episode dari pertempuran menyediakan bahan untuk banyak sandiwara tragedi Yunani dan karya-karya sastra Yunani, dan buat penyair Romawi seperti Virgil dan Ovid. Perang Troya pun dikisahkan kembali melalui komik Seribu Kapal karya Eric Shanower ini.

Dikisahkan, perang berawal dari pertengkaran antara Hera dewi Athena dengan Aphrodite, setelah dewi kejahatan Eris memberi mereka apel emas, kadang-kadang dikenal sebagai "Apple Sengketa", buah kecantikan.

Zeus mengirimkan kedua dewi itu kepada Paris, yang kemudian menilai bahwa Aphrodite sang dewi cinta sebagai yang paling cantik, dan berhak menerima apel. Sebagai gantinya, Aphrodite membuat Helen, wanita yang paling jelita dari semua wanita dan istri Menelaus, jatuh cinta pada Paris, yang akhirnya memboyongnya ke Troy.

Agamemnon, raja Mycenae dan saudara Menelaus suami Helen, memimpin penyerbuan bala tentara Achaea ke Troy dan mengepung kota selama sepuluh tahun karena penghinaan Paris. Setelah kematian dari banyak tokoh, termasuk Achilles dan Ajax dari Achaea, serta Paris dan Hector dari Troy, kota ini jatuh karena tipu muslihat yang terkenal sebagai Kuda Troya.

Tentara Achaea menyembelih orang Troya, kecuali beberapa wanita serta anak-anak yang mereka ampuni atau dijual sebagai budak. Kuil-kuil hancur ternoda hingga menurunkan murka dari para dewa. Hanya sebagian kecil orang Achaea kembali dengan selamat ke rumah dan koloni mereka yang berada di tepi garis-garis pantai Mediterania yang jauh.

Sejarah Yunani kuno menyebutkan bahwa Perang Troya ialah peristiwa yang terjadi di abad 12 atau 13 SM, dan banyak kalangan ahli percaya bahwa Troy terletak di Turki modern sekarang, di bukit Hissarlik dekat Dardanella.

Kartunis Eric Shanower bukan sekadar seorang penggambar yang lihai. Ia bahkan tekun meriset banyak sumber tentang mitologi Yunani. Panel pertama dalam komik inipun dijelaskannya di bagian epilog, Sekilas tentang Seribu Kapal (halaman 203): "Satu keputusan lagi yang mungkin akan diperdebatkan pembaca adalah menjadikan Paris gembala kerbau semasa hidupnya di desa, padahal dia lebih sering ditampilkan sebagai gembala domba. Ada beberapa sumber - misalnya, Heroides XVI karya Ovid dan The Rape of Helen karya Colluthus - yang menampilkan Paris mengurus ternak, dan ini merupakan dasar yang kuat untuk pilihanku, tapi bukan itu saja."

Arkeolog penggali Troy, Manfred Korfmann, yang hadir dalam simposium Dunia Troy di Smithsonian Institute di Washington DC pada Februari 1997, ditanyai oleh sang kartunis: "Bagaimana penampilan bangsa Troy dari Zaman Perunggu Akhir?" Professor itu memberi saran supaya mengambil contoh dari peninggalan budaya Hittite.

Sejak itu, kuas pensil Cina yang luwes di tangan Eric Shanower pun tergores merangkai karangan berupa panel-panel gambar yang indahnya bukan main. Jadilah, cerita komik Seribu Kapal: sebuah karya buatan tangan yang memukau imajinasi.

Buah ketekunannya selama bertahun-tahun menggambar cerita komik ini, Eric dipuji The Comics Journal: "Shanower dengan gaya cemerlang dan jitu menjabarkan setiap detail peristiwa-peristiwa ini: siapa, apa, dan kapan."

"Seni peradaban Mediterania kuno dengan mitos Troy ciptaan Homer, menghasilkan kisah yang penuh pesona," kata Louise A Hitchcock, Ph.D, Research Assosiate, The Cotsen Institute of Archeology di UCLA.


Arpan Rahman

Judul: Seribu Kapal (Age of Bronze - A Thousand Ships)
Oleh: Eric Shanower
Alih Bahasa: Lulu Wijaya
Isi: 225 hlm; 1 cm
Penerbit: Image Comics, Inc.
Edisi Indonesia: Gramedia
ISBN: 10-979-22-2839-x, 13-978-979-22-2839-7.
(ahm)

Perang Demi Seorang Wanita Gallery

Perang Demi Seorang Wanita Perang Demi Seorang Wanita Perang Demi Seorang Wanita Perang Demi Seorang Wanita Perang Demi Seorang Wanita Perang Demi Seorang Wanita Perang Demi Seorang Wanita

0 comments:

Post a Comment