Thursday, June 14, 2012

Menakertrans: Krisis di Suriah, TKI Pasti Dipulangkan

Foto: (dok okezone)
Foto: (dok okezone)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengaku sudah sejak lama mengantisipasi gejolak politik dalam negeri Suriah, termasuk kekerasan yang terjadi belakangan ini.

"Sejak April tahun lalu sudah saya tegaskan bahwa TKI dilarang bekerja ke Suriah. Saya berlakukan larangan seketat-ketatnya, kalau masih ada yang bandel memang sudah kebangetan," kata Menakertrans Muhaimin Iskandar dalam siaran pers yang diterima Okezone, Kamis (14/6/2012) malam.

Muhaimin mengatakan bahwa perang saudara yang melanda Suriah mengakibatkan jatuhnya korban pada kedua belah pihak. Kekerasan ini juga mengancam TKI yang bekerja di negara tersebut. Beberapa waktu yang lalu diberitakan terdapat dua orang TKI yaitu Ani dan Aminah menjadi korban tewas. Namun KBRI di Damaskus sudah membantahnya, bahkan Aminah diberitakan selamat.

"Saya berharap, masukan-masukan dari masyarakat mengenai TKI yang bekerja di Suriah disampaikan langsung kepada pemerintah melalui Kemenakertrans atau Kemlu. Jangan menyampaikan kepada publik hal-hal yang belum bisa dikonfirmasikan seperti TKI tewas. Bisa membingungkan masyarakat. Berikan waktu kami bekerja keras menyelamatkan seluruh TKI yang bekerja disana," tambah pria yang juga Ketum PKB ini.

Sementara itu, keberadaan salah seorang TKI bernama Sunarti binti Sarya yang diberitakan sedang menunggu evakuasi sedang dicek oleh KBRI di Damaskus. "Dalam kondisi perang saudara, pengecekan dan proses evakuasi memerlukan lebih banyak waktu. Kita tidak akan membiarkan apakah itu Sunarti atau TKI yang lain menjadi korban. Pemerintah akan sekuat tenaga memulangkan seluruh TKI. Sejauh ini sudah 233 orang TKI yang dipulangkan dan masih akan terus bertambah. Mohon doanya," ujar Cak Imin.

Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga meminta seluruh perusahaan pengerah jasa tenaga kerja Indonesia dan perusahaan jasa asuransi TKI untuk bekerja lebih keras dalam memulangkan TKI dari Suriah dan memenuhi kewajibannya untuk memberikan hak-hak mereka yang tidak bisa bekerja secara penuh akibat perang saudara.

"PJTKI harus lebih aktif menghubungi keluarga yang bersangkutan dan menyampaikan perkembangan setiap saat. Sementara jasa asuransi harus siap dengan segala kemungkinan, siapa tahu ada yang membutuhkan perawatan segera. Hak TKI harus didahulukan," tegas Muhaimin.

(sus)

Menakertrans: Krisis di Suriah, TKI Pasti Dipulangkan Gallery

Menakertrans: Krisis di Suriah, TKI Pasti Dipulangkan Menakertrans: Krisis di Suriah, TKI Pasti Dipulangkan Menakertrans: Krisis di Suriah, TKI Pasti Dipulangkan Menakertrans: Krisis di Suriah, TKI Pasti Dipulangkan Menakertrans: Krisis di Suriah, TKI Pasti Dipulangkan Menakertrans: Krisis di Suriah, TKI Pasti Dipulangkan Menakertrans: Krisis di Suriah, TKI Pasti Dipulangkan

0 comments:

Post a Comment