Thursday, June 14, 2012

Konflik Berkepanjangan, Kapolri Didesak Copot Kapolda Papua

Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

JAKARTA - Indonesia Police Watch (IPW) mendesak agar Kapolri Jendral Timur Pradopo mencopot Kapolda Papua Irjen Pol Bigman Lumban Tobing, terkait konflik berkepanjangan di Papua yang menewaskan beberapa orang.

“Konflik yang berkepanjangan yang terjadi di Papua sepertinya tidak membuat intelijen dari Polda, Polri maupun BIN bersikap profesional untuk memetakan situasi maupun deteksi dini. Sehingga sekelompok orang bisa melakukan penyerangan dan pembakaran,” terang Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam rilis yang diterima Okezone, Kamis (14/6/2012).

IPW menilai, Kapolda Papua Irjen Pol Bigman Lumban Tobing dinilai teledor hingga terjadi pembiaran dalam aksi pembakaran dibeberapa tempat di Papua.

“Akar masalahnya adalah kesenjangan sosial, ekonomi dan kecemburuan sosial. Faktor ini kemudian dipolitisasi orang-orang tertentu, termasuk potensi asing yang hendak memecah NKRI,” paparnya.

Dikatakan Neta, ketika terjadi konflik atau penembakan, polisi pun tidak berdaya dan tidak siap menghadapinya. Ironisnya, konflik dan teror penembakan terus terjadi serta terbiarkan.

“Untuk itu Kapolri perlu melakukan evaluasi menyeluruh terhadap para pimpinan di Polda Papua. Untuk kemudian menempatkan kader-kader terbaik Polri di Papua. Sayangnya, para perwira Polri yang ditempatkan di Papua selalu merasa dibuang, akibatnya mereka cenderung frustrasi bertugas di daerah ini,” pungkas Neta.

(sus)

Konflik Berkepanjangan, Kapolri Didesak Copot Kapolda Papua Gallery

Konflik Berkepanjangan, Kapolri Didesak Copot Kapolda Papua Konflik Berkepanjangan, Kapolri Didesak Copot Kapolda Papua Konflik Berkepanjangan, Kapolri Didesak Copot Kapolda Papua Konflik Berkepanjangan, Kapolri Didesak Copot Kapolda Papua Konflik Berkepanjangan, Kapolri Didesak Copot Kapolda Papua Konflik Berkepanjangan, Kapolri Didesak Copot Kapolda Papua Konflik Berkepanjangan, Kapolri Didesak Copot Kapolda Papua

0 comments:

Post a Comment