Monday, June 18, 2012

3 Jurus Selamatkan Hubungan Tak Sehat


VIVAlife - Menikah, lalu menjaga hubungan harmonis bersama pasangan terkadang terasa sulit. Bahkan, terkesan mustahil ketika harus menyatukan dua karakter yang mungkin sangat bertolak belakang.

Ketika badai menerpa, banyak pasangan yang memilih bertahan dalam hubungan tak sehat. Bertahan meski merasa terjebak dan harus menelan kekecewaan luar biasa.

Ironisnya, dalam kondisi semacam itu, banyak pasangan justru larut dalam perdebatan sengit yang saling menyerang. Melupakan cara untuk mengembalikan keharmonisan hubungan.

Ingat, semua yang baik layak diperjuangkan. Jika menghadapi situasi tersebut, coba beberapa tips berikut mengenai bagaimana menjaga hubungan di saat krisis dari Shelby Riley, pakar terapi hubungan pernikahan dan keluarga, dilansir She Knows. 

1. Pentingnya menciptakan rasa aman
Dalam situasi krisis, mayoritas orang membutuhkan seseorang agar tenang dan merasa aman. Katakan pada pasangan, jika Anda menginginkan seseorang untuk melampiaskannya dan mendapatkan saran. Tergantung dari tingkat krisis, beberapa orang memerlukan saran bagaimana mereka melanjutkan hubungannya dengan pasangan mereka.

"Saya pikir sangat penting untuk meminta izin untuk memberikan saran karena sering kali pasangan salah menginterpretasikan saran sebagai pesan bahwa mereka lemah, bodoh, atau tidak bisa menebak diri sendiri," ujarnya.

2. Redam emosi
Jangan biarkan reaktivitas emosional memungkinkan Anda bertindak dalam situasi tertekan, terhakimi, atau cemas. Tenangkan reaktivitas Anda sendiri agar bisa merasa tenang dan menenangkan pasangan. Lalu, ajukan pertanyaan dari rasa ingin tahu Anda seperti, "Ceritakan mengapa kau khawatir dengan hal itu?". Itu lebih baik daripada bertanya sekaligus menghakimi: "Mengapa kamu melakukan hal itu?"

3. Segera selesaikan masalah
Hal lain yang dapat dilakukan pasangan adalah membantu memberikan perspektif terhadap sebuah masalah pada pasangan mereka. Hal ini memang sulit untuk dilakukan dalam situasi krisis, tetapi ini akan sangat mempengaruhi kehidupan Anda selanjutnya. Tidak melupakan sebuah masalah, dan mencarikan solusi untuk masalah tersebut dapat membantu Anda dan pasangan merasa tenang. Terakhir persembahkan cinta tanpa syarat dan beri dukungan Anda untuk hubungan cinta yang langgeng.

Yang harus Anda ingat, melalui rasa sakit, akan ada sebuah pelajaran yang akan berguna untuk kehidupan Anda di kemudian hari. (umi)

3 Jurus Selamatkan Hubungan Tak Sehat Gallery

3 Jurus Selamatkan Hubungan Tak Sehat 3 Jurus Selamatkan Hubungan Tak Sehat 3 Jurus Selamatkan Hubungan Tak Sehat 3 Jurus Selamatkan Hubungan Tak Sehat 3 Jurus Selamatkan Hubungan Tak Sehat 3 Jurus Selamatkan Hubungan Tak Sehat 3 Jurus Selamatkan Hubungan Tak Sehat

0 comments:

Post a Comment