Sunday, July 1, 2012

"Korupsi Alquran Bagian Politik Pemberantasan Korupsi"


JAKARTA - Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB), Adhie Massardi, mencurigai ada motif politik di balik langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap praktek korupsi pada proyek pengadaan Alquran di Kementerian Agama. Adhie menduga korupsi Alquran diungkap KPK demi meraih simpati masyarakat.

"Pertanyaannya adalah kenapa yang diangkat Alquran. Ini meski nilai rupiahnya kecil, tapi sensasinya luar biasa. Saya curiga ini bagian politik pemberantasan korupsi KPK," kata Adhie Massardi di Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Senin(2/7/2012).

Menurut Adhie, semua mata anggaran yang diajukan pemerintah ke gedung parlemen punya potensi korupsi hingga 100 persen. "Yang menarik, KPK juga tahu bahwa semua anggaran itu juga dikorupsi," ungkap Adhie.

Adhie punya perbandingan menarik ihwal pemilihan korupsi Alquran dibuka KPK. "Karena KPK banyak pilihan (kasus korupsi), kenapa pas hari ini, diambil ini, dan orangnya ini. Kalau kita merem aja di (anggaran) DPR, sepegang-pegangnya pasti bermasalah, pasti ada korupsi," tutur Adhie.

Dalam mengungkap kasus korupsi pengadaan Alquran, KPK telah menetapkan Politikus Partai Golkar, Zulkarnaen Djabar sebagai tersangka. Dia diduga menerima suap dalam proyek di Kementerian Agama tahun anggaran 2011-2012. Dalam kasus tersebut, Putra Zulkarnaen, Dendi Prasetya, juga dikenakan status yang sama.

Menurut Adhie, seharusnya KPK berani mengambil kasus korupsi kelas kakap dibanding kasus 'recehan'. Sebab, kata Adhie, kasus korupsi recehan tidak mampu menimbulkan efek jera bagi para pejabat dan politisi.

"Seluruh orang di bawah Dirjen ditangkap karena korupsi, pasti tidak ada pengaruh," terang Adhie.

Adhie menyebut kasus korupsi kelas kakap selalu berada di pusat kekuasaan. Menurut Adhie, andai operasi KPK membidik kasus korupsi setingkat menteri dan atasannya pasti punya efek jera. "Contoh, ketika bisa memenjarakan besan presiden, KPK menjadi sangat ditakuti. orang mau korupsi itu takut," terangnya.
(trk)

"Korupsi Alquran Bagian Politik Pemberantasan Korupsi" Gallery

"Korupsi Alquran Bagian Politik Pemberantasan Korupsi" "Korupsi Alquran Bagian Politik Pemberantasan Korupsi" "Korupsi Alquran Bagian Politik Pemberantasan Korupsi" "Korupsi Alquran Bagian Politik Pemberantasan Korupsi" "Korupsi Alquran Bagian Politik Pemberantasan Korupsi" "Korupsi Alquran Bagian Politik Pemberantasan Korupsi" "Korupsi Alquran Bagian Politik Pemberantasan Korupsi"

0 comments:

Post a Comment