Wednesday, July 25, 2012

KPK Periksa Anak Ayin dalam Kasus Buol

KPK (Foto: Heru/Okezone)
KPK (Foto: Heru/Okezone)

JAKARTA - Dua petinggi PT Sonokeling Buana datang memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini. Keduanya akan diperiksa terkait kasus suap terhadap Bupati Buol, Amran Batalipu.

Keduanya yakni Dirut PT Sonokeling Buana, Saiful Rizal dan Pemilik PT Sonokeling Buana, yang juga anak Arthalyta Suryani (Ayin), Rommy Dharma Satiyawan. Saiful dan Rommy tiba sekira pukul 11.00 WIB didampingi kuasa hukumnya, Teuku Nasrulah.

“Nanti nanti saja ya (selesai pemeriksaan),“ kelit Rommy di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (26/7/2012). Dia yang mengenakan batik hijau itu langsung memasuki lobby KPK bersama Saiful dan kuasa hukumnya.

PT Sonokeling Buana disebut-sebut sebagai perusahaan milik Ayin yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dengan luas 19.500 hektare, yang tersebar di tiga desa yakni Desa Kokobuka, Lomuli, dan desa Air Terang di Kecamatan Tiloan, Sulawesi Tengah.

Izin dan Hak Guna Usaha perkebunan itu ditandatangani oleh Bupati Buol Amran Batalipu sesuai dengan Surat Keputusan. Bupati Buol No.600/97.05/Bag. Yang diterbitkan pada tanggal 12 April 2011.

Perkebunan itu juga diduga erat kaitannya dengan perkebunan sawit milik PT Hardaya Inti Plantations. Ada beberapa informasi yang menguatkan indikasi itu, pertama lokasi perkebunan keduanya bersambungan karena Kecamatan Tiloan dan Kecamatan Bukal lokasi perkebunan Hartati bersambungan.

Tim penilai lahan yang digunakan Perusahaan tersebut, menyebutkan, kedua perusahaan itu merupakan konsursium yang dipayungi oleh perusahaan besar yang diduga adalah PT Tjakra Cipta Murdaya milik Hartati Murdaya itu.

Kendati kemudian Ayin, melalui pengacaranya, membantah dirinya sebagai pemilik perusahaan Sonokeling Buana.

(ded)

KPK Periksa Anak Ayin dalam Kasus Buol Gallery

KPK Periksa Anak Ayin dalam Kasus Buol KPK Periksa Anak Ayin dalam Kasus Buol KPK Periksa Anak Ayin dalam Kasus Buol KPK Periksa Anak Ayin dalam Kasus Buol KPK Periksa Anak Ayin dalam Kasus Buol KPK Periksa Anak Ayin dalam Kasus Buol KPK Periksa Anak Ayin dalam Kasus Buol

0 comments:

Post a Comment