Friday, July 27, 2012

Putra A Rafiq Ditahan 20 Hari ke Depan

Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)
Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menahan putra pedangdut A Rafiq, Fahd El-Fouz, terkait dugaan penyuapan di proyek pembahasan alokasi anggaran Dana Penyesuaian Infrasktur Daerah. Fahd ditahan di Rumah Tahanan Jakarta Timur cabang KPK untuk 20 hari ke depan.

"Berlaku sejak 27 Juli. FE diduga berikan uang kepada tersangka lainnya yang sedang dalam proses persidangan," kata juru bicara KPK, Johan Budi, di kantornya, Jakarta Selatan, Jumat (27/7/2012).

Johan mengatakan, penahanan Fahd dilakukan demi kepentingan penyidikan. Tujuannya, kata Johan, untuk mempermudah penyidikan atau menghindari intervensi dari pihak luar. "Antisipasi itu diambil oleh penyidik," terang Johan.

Fahd dijerat Pasal 5 ayat 1 huruf a subsider Pasal 13 Undang-Undang Tindak pidana korupsi. Dia disangka menyuap Rp5,5 miliar terhadap anggota DPR non-aktif, Wa Ode Nurhayati, untuk Kabupaten Aceh Besar, Pidie Jaya, dan Bener Meriah. "Berkaitan dengan kasus pembahasan anggaran DPID, Sebelumnya KPK sudah tetapkan Wa Ode sebagai tersangka," kata Johan.

Fahd keluar dari Gedung KPK, pukul 16.30 WIB dengan mengenakan baju tahanan putih dan kedua tangan diborgol. Dia mencoba melempar sederet senyum seperti menyembunyikan wajahnya yang memucat. Fahd akhirnya ditahan KPK setelah menjalani pemeriksaan selama 6,5 jam. Padahal, dia sudah ditetapkan sebagai tersangka pada 25 Januari 2012.

Kasus Wa Ode Nurhayati sendiri sudah masuk di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Dia didakwa menerima uang Rp6,25 miliar terkait alokasi anggaran DPID untuk Kabupaten Pidie Jaya, Aceh Besar, Bener Meriah, dan Minahasa. Uang tersebut berasal dari tiga pengusaha yakni Fahd A.Rafiq sebesar Rp5,5 miliar, Saul Paulus David Nelwan sebesar Rp350 juta, dan Abram Noach Mambu sebesar Rp 400 juta.
(put)

Putra A Rafiq Ditahan 20 Hari ke Depan Gallery

Putra A Rafiq Ditahan 20 Hari ke Depan Putra A Rafiq Ditahan 20 Hari ke Depan Putra A Rafiq Ditahan 20 Hari ke Depan Putra A Rafiq Ditahan 20 Hari ke Depan Putra A Rafiq Ditahan 20 Hari ke Depan Putra A Rafiq Ditahan 20 Hari ke Depan Putra A Rafiq Ditahan 20 Hari ke Depan

0 comments:

Post a Comment