Tuesday, July 31, 2012

Nama SBY Dicatut untuk Aktivitas Eksplorasi Emas

Suasana rapat klarifikasi di DPRD Sumba Timur (Dok: Sindo TV/Dion Umbu Ana Lodu)
Suasana rapat klarifikasi di DPRD Sumba Timur (Dok: Sindo TV/Dion Umbu Ana Lodu)

WAINGAPU - Pengurus Partai Demokrat Kabupaten Sumba Timur, NTT, geram terkait beredarnya kabar di masyarakat yang menyatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendukung aktivitas eksplorasi maupun pertambangan emas di kabupaten itu.

Informasi itu tersebar diawali dari munculnya konflik horizontal di masyarakat Desa Wahang, Kecamatan Pinu Pahar, Kabupaten Sumba Timur, terkait kehadiran PT FR yang akan melakukan eksplorasi kandungan emas dan mineral di desa tersebut.

Konflik itu membuat warga terpecah dua, yakni pro dan kontra eksplorasi. Dari sinilah nama Presiden SBY dikait-kaitkan. Oknum pejabat di kantor Desa Wahang, berinisial HDM, yang awalnya memunculkan nama SBY.

Pencatutuan nama Kepala Negara itu membuat para petinggi Partai Demokrat geram. Ekspresi kemarahan itu ditampakkan dalam rapat klarifikasi tokoh masyarakat Desa Wahang dengan Komisi C di Gedung DPRD setempat, Selasa kemarin.

“Saya dapat informasi dan punya rekaman suara oknum pejabat desa itu. Dia mengaku membawa amanat Presiden SBY saat berkunjung ke Sumba Timur beberapa waktu lalu. Yang mana intinya, dikatakan Presiden SBY meminta masyarakat jangan menolak aktivitas ekesplorasi dan tambang di Sumba Timur. Ini mengada-ada. Saya minta dia bertanggung jawab karena membawa dampak buruk bagi partai kami juga nama baik Ketua Dewan Pembina,” tegas Marthinus Pandarangga, anggota Komisi C dari Partai Demokrat, saat rapat berlangsung.

Pandarangga menyesalkan ketidakhadiran oknum aparat desa itu dalam rapat. “Coba dia hadir, saya mau tanya dia,” katanya kesal.

Tersebarnya kabar itu berawal dari pengaduan para tokoh masyarakat Desa Wahang yang membawa aspirasi sekira 400 kepala keluarga, yang intinya menolak keberadaan PT FR. Para tokoh tersebut menyatakan, ada warga yang merasa diintimidasi oleh oknum pejabat desa tersebut.

Terpisah, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumba Timur, Josua K Maudjawa, menegaskan akan membawa persoalan ini ke ranah hukum. “Ini sudah mencederai hati seluruh kader dan simpatisan Partai Demokrat, juga telah mencemarkan nama baik Ketua Dewan Pembina. Akan kami bawa ke ranah hukum guna diproses sesuai hukum,” tandasnya.

(Dion Umbu Ana Lodu/Sindo TV/ton)

Nama SBY Dicatut untuk Aktivitas Eksplorasi Emas Gallery

Nama SBY Dicatut untuk Aktivitas Eksplorasi Emas Nama SBY Dicatut untuk Aktivitas Eksplorasi Emas Nama SBY Dicatut untuk Aktivitas Eksplorasi Emas Nama SBY Dicatut untuk Aktivitas Eksplorasi Emas Nama SBY Dicatut untuk Aktivitas Eksplorasi Emas Nama SBY Dicatut untuk Aktivitas Eksplorasi Emas Nama SBY Dicatut untuk Aktivitas Eksplorasi Emas

0 comments:

Post a Comment