Sunday, July 29, 2012

Banjir Bandang Padang Juga Terjang 2 Sekolah

foto : Pembersihan Lumpur Banjir Bandang (Rus Akbar/ Okezone)
foto : Pembersihan Lumpur Banjir Bandang (Rus Akbar/ Okezone)

PADANG - Banjir bandang yang menerjang Kota Padang, selain merusak puluhan rumah juga merusak dua gedung sekolah yakni, SDN 17 dan SMAN 12 di Kelurahan Gurun Laweh, Kecamatan Nanggalo, Padang.
 
Pantauan Okezone di SMAN 12, halaman sekolah, ruang belajar, perpustakaan yang dipenuhi lumpur sedalam 20 cm, mengakibatkan buku-buku, komputer praktek siswa serta meja belajar rusak.
 
Sekolah yang menampung 920 siswa ini, terkena lumpur banjir bandang karena lokasi sekolah berdekatan dengan bantaran Sungai Batang Kuranji, dengan jarak sekira 50 meter. Beberapa tim dari BPBD Padang, Dinas Pemadam Kebakaran Padang dibantu Dinas Pemadam Kebakaran dari Padang Panjang terlihat membersihkan ruang sekolah dengan menyemprotkan air dari mobil pemadam kebakaran.
 
"Ada 20 ribu buku baru di pustaka rusak dan berlumpur, itu tidak bisa dipakai lagi, kerugian buku-buku baru itu mencapai Rp300 juta. Sebanyak 26 lokal masuk lumpur sedalam 20 cm," kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Erlinawati, kepada Okezone, (29/7/2012).
 
Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Padang Mayeldi Ansrullah mengatakan untuk biaya pembersihan sekolah ini sudah dianggarkan dalam dana Tanggap Darurat sebanyak Rp200 juta.
 
”Sedangkan untuk biaya membeli buku-buku dan peralatan komputer sekolah ini juga sudah ada MoU dari Kementerian Pendidikan Nasional dan itu sudah disiapkan, tinggal mevalidkan data total kerusakan sekolah ini,” ujarnya saat memantau pembersihan sekolah.
 
Sementara itu, di Kelurahan Gurun Laweh, sekira 200 orang mulai mendatangi pos kesehatan yang didirikan oleh Garuda Indonesia, sekitar 50 persen mengalami gangguan pernapasan atau Ispa akibat debu lumpur yang kering dan selebihnya mengalami penyakit kulit akibat air kotor.
 
”Hasil pemeriksaan kita kepada masyarakat ada sekitar 200 orang menderita penyakit Inpeksi Saluran Pernapasan Akut (Ispa) dan penyakit kulit, umumnya diderita oleh anak-anak dan selebihnya orang dewasa,” kata Dokter Setyo Junianto. (ctr).

(ahm)

Banjir Bandang Padang Juga Terjang 2 Sekolah Gallery

Banjir Bandang Padang Juga Terjang 2 Sekolah Banjir Bandang Padang Juga Terjang 2 Sekolah Banjir Bandang Padang Juga Terjang 2 Sekolah Banjir Bandang Padang Juga Terjang 2 Sekolah Banjir Bandang Padang Juga Terjang 2 Sekolah Banjir Bandang Padang Juga Terjang 2 Sekolah Banjir Bandang Padang Juga Terjang 2 Sekolah

0 comments:

Post a Comment