Friday, July 27, 2012

Masyarakat Diimbau Waspada Ancaman Siklon Tropis

Ilustrasi (Okezone)
Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA - Humas Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan rilis Badan Metologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya peningkatan depresi tropis menjadi siklon tropis Saola di Samudera Pasifik timur Filipina.
 
“Posisi siklon tropis Saola, tepatnya saat ini berada di sekitar 14.5 Lintang Utara, 126.8 Bujur Timur (sekitar 1.250 kilometer sebelah utara Tahuna). Arah dan kecepatan gerak Barat laut, dengan kecepatan 8 knot (15 km/jam). Diprediksikan akan menjauh dari wilayah Indonesia, namun kekuatannya meningkat dan menguat dengan pergerakan cenderung ke arah barat laut,” kata Sutopo dalam pesan elektroniknya kepada Okezone, Sabtu (28/7/2012).
 
Dia menambahkan, dampak Siklon tropis SAOLA terhadap Kawasan Timur Indonesia akan memberikan dampak berupa :


1) Hujan dengan intensitas ringan, sedang, dan tinggi di wilayah Kalimantan Timur bagian utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat bagian utara.


2) Gelombang laut dengan tinggi 2 - 3 meter berpeluang terjadi di Laut Banda bagian utara, Perairan Kepulauan Banggai – Kepulauan Sula, Laut Maluku bagian selatan, Perairan Kepulauan Raja Ampat, Perairan Fak Fak di Kaimana, Perairan Yos Sudarso di Merauke.


3) Gelombang dengan ketinggian 3 - 4 meter berpeluang terjadi di Perairan Kepulauan Sangihe, Perairan utara Halmahera, Laut Halmahera, Laut Maluku bagian utara.


4) Gelombang dengan ketinggian 4 - 5 meter berpeluang terjadi di Samudera Pasifik utara Halmahera, Perairan Kepulauan Talaud.

Masyarakat, lanjut Sutopo, dihimbau untuk terus meningkatkan kewaspadaan terkait ancaman dampak siklon tropis tersebut. Sebab dapat menimbulkan banjir, longsor, dan kecelakaan lalu lintas di perairan laut.
 
“Terbukti banjir bandang dan longsor yang terjadi dalam dua minggu terakhir ini, disebabkan oleh hujan berintesitas tinggi pengaruh dari adanya siklon tropis atau depresi di bagian utara Indonesia, seperti banjir dan longsor di Sangihe, Padang, Maluku, Papua, Gorontalo dan sebagainya. BPBD provinsi dan kabupaten/kota diimbau juga terus siaga,” pungkasnya.

(ydh)

Masyarakat Diimbau Waspada Ancaman Siklon Tropis Gallery

Masyarakat Diimbau Waspada Ancaman Siklon Tropis Masyarakat Diimbau Waspada Ancaman Siklon Tropis Masyarakat Diimbau Waspada Ancaman Siklon Tropis Masyarakat Diimbau Waspada Ancaman Siklon Tropis Masyarakat Diimbau Waspada Ancaman Siklon Tropis Masyarakat Diimbau Waspada Ancaman Siklon Tropis Masyarakat Diimbau Waspada Ancaman Siklon Tropis

0 comments:

Post a Comment