Monday, July 30, 2012

SBY Dukung Penggeledahan KPK di Korlantas Polri

KPK (Foto: Heru/Okezone)
KPK (Foto: Heru/Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di kantor Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Jalan MT Haryono Jakarta sejak Senin malam hingga pagi tadi.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto menegaskan bahwa upaya yang dilakukan oleh KPK bukan dalam rangka mencari popularitas.

"Tidak ada, tidak ada yang mencari polpularitas dalam penegakan hukum. Ini proses yang harus dikerjakan bersama antara KPK dan Polri karena menyangkut dua lembaga ini," tegas Djoko usai mengikuti sidang kabinet terbatas di kantor Kemendikbud Jakarta, Selasa (31/3/2012).

Menurut Djoko, apa yang dilakukan KPK merupakan bagian dari upaya penegakan hukum. "Proses hukum terus dijalankan oleh kedua lembaga ini secara bersama. Kita dukung mereka menjalankan proses," tuturnya.

Presiden, sambung Djoko, mendukung upaya tersebut karena dalam rangka penegakan hukum. "Sejauh itu penegakan hukum, kan keduanya lembaga penegak hukum. Mereka harus sinergi untuk penegakan hukum itu respons Presiden, itu akan dilaksanakan dengan baik," katanya.

Djoko juga membantah pemberitaan yang mengatakan bahwa KPK sempat ditahan oleh Polri saat akan mulai melakukan penggeledahan dan usai penggeledahan. Menurutnya yang benar adalah proses penyidikan barang bukti yang panjang dan memakan waktu lama.

"Bukan ditahan, proses untuk pemeriksaan penyidikan soal barang bukti cukup panjang dan lama sebagaimana di tempat lain juga begitu. Hanya ditutup agar tidak terganggu oleh banyak pihak yang tidak berkepentingan, itu saja," katanya.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan bahwa antarlembaga penegak hukum tidak perlu melakukan persaingan atau mencari popularitas dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

"Penegak hukum ini harus saling bekerja sama dalam menegakan hukum seadil-adilnya, tidak perlu saling bersaing. KPK penting, Polri, Kejakgung penting. Tanpa harus terebut popularitas, tugas secara profesional, serius dan tuntas,” ujar Presiden.

(ded)

SBY Dukung Penggeledahan KPK di Korlantas Polri Gallery

SBY Dukung Penggeledahan KPK di Korlantas Polri SBY Dukung Penggeledahan KPK di Korlantas Polri SBY Dukung Penggeledahan KPK di Korlantas Polri SBY Dukung Penggeledahan KPK di Korlantas Polri SBY Dukung Penggeledahan KPK di Korlantas Polri SBY Dukung Penggeledahan KPK di Korlantas Polri SBY Dukung Penggeledahan KPK di Korlantas Polri

0 comments:

Post a Comment