Tuesday, July 31, 2012

Cegah Cicak Buaya II, SBY Harus Ingatkan Polri

Kantor Korlantas Polri (foto: Okezone)
Kantor Korlantas Polri (foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor Korlantas Polri di Jalan MT Haryono, Jakarta. Namun, dalam perjalanannya upaya untuk menyita barang bukti tersebut dihalangi anggota Polri.

Banyak pihak khawatir, penggeledahan ini akan mengawali pertaruhan cicak buaya jilid II. Istilah ini popular saat Jenderal Polisi Susno Duadji diseret oleh KPK beberapa waktu lalu.

Aktivis Antikorupsi yang juga Pengamat Politik, Fadjroel Rahman, mengatakan, Presiden SBY harus mengeluarkan sikap agar kedua lembaga penegak hukum ini berjalan saling membantu tanpa menghalang-halangi dalam penyidikan kasus korupsi proyek simulator SIM tahun anggaran 2011.

"Kalau SBY sudah mengeluarkan hal itu, akan memuluskan penyidikan dan menghalangi cicak buaya jilid dua," kata dia saat dihubungi Okezone, Rabu (1/8/2012).

Kata dia, KPK dan Polri sama-sama lembaga negara. Polri berada di bawah presiden sementara KPK berdiri secara independent. Indikasi adanya upaya Polri menghalangi langkah penyidik KPK terbukti pada saat penggeledahan. Bukti lainnya yakni, Karo Penmas Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar, menyebut, simulator SIM adalah kasus lama dan tidak ada tindak pidanya.

"Ini upaya halus untuk menghalagni. Maka penting SBY menguatkan anak buahnya agar tidak menghalangi KPK," paparnya.

Dia juga yakin, Polri saat ini sedang dalam ketakutan. Pasalnya bukan tidak mungkin kasus simulator SIM akan membongkar kasus lainnya yang selama ini terpendam. "Karena seperti kasus korupsi Alquran kan berawal dari kasus Wa Ode," jelasnya.
(trk)

Cegah Cicak Buaya II, SBY Harus Ingatkan Polri Gallery

Cegah Cicak Buaya II, SBY Harus Ingatkan Polri Cegah Cicak Buaya II, SBY Harus Ingatkan Polri Cegah Cicak Buaya II, SBY Harus Ingatkan Polri Cegah Cicak Buaya II, SBY Harus Ingatkan Polri Cegah Cicak Buaya II, SBY Harus Ingatkan Polri Cegah Cicak Buaya II, SBY Harus Ingatkan Polri Cegah Cicak Buaya II, SBY Harus Ingatkan Polri

0 comments:

Post a Comment