Monday, July 30, 2012

Halangi Penggeledahan KPK, Polri Disemprot DPR

Ilustrasi (foto: Okezone)
Ilustrasi (foto: Okezone)

JAKARTA- Anggota Komisi III dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Eva Kusuma Sundari, menyayangkan sikap yang ditunjukan oleh pihak Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri yang sempat menghalangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat melakukan penggeledahan.

"Memprihatinkan jika penegak hukum tidak mematuhi hukum. Sepatutnya Polri menunjukkan kedewasaan dengan tidak menghalangi penegakkan hukum yang sedang dijalankan KPK apalagi hingga menahan penyidik beserta dokumen yang sudah ditemukan," kata Eva saat dihubungi wartawan di DPR, Jakarta, Selasa (31/07/2012).

Eva menambahkan, seharusnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan kepolisian untuk berlaku patut dan menghormati wewenang KPK. Sebab, momen ini sebenarnya bisa dijadikan oleh pihak aparat kepolisian untuk menunjukan kapasitas dan kebersihannya kepada masyarakat.

"Pemblokiran ini menjadi dugaan polisi double standar dalam penegakkan hukum termasuk tebang pilih terhadap dirinya dalam hal penegakkan hukum. Kapolri harus menjadikan ini momentum untuk penegakkan kewibawaan kepolisian setelah pukulan bertubi-tubi akibat kinerja yang tidak memuaskan rakyat," paparnya.

"Jadi, stop berperilaku sewenang-sewang dan tunjukkan sikap kooperatif dan serahkan semua pada proses hukum. Di saat keterbukaan dan kebebasan informasi, perilaku anomali lembaga publik hanya akan kontra produktif bagi diri kepolisian sendiri," sambungnya.

Lebih lanjut, Eva menegaskan jika memang pihak kepolisian tidak bersikap terbuka, maka dapat dikatakan pihak kepolisian berusaha untuk menghalang-halangi proses penanganan hukum.

"Penegakkan hukum kan basisnya fakta dan bukti hukum, jika itu ditahan maka bisa diartikan menghalangi penegakkan hukum. Kapolri sebagai penanggung jawab tertinggi harus membuktikan bahwa lembaga yang dipimpinnya tidak melakukan hal tersebut," pungkasnya.
(ugo)

Halangi Penggeledahan KPK, Polri Disemprot DPR Gallery

Halangi Penggeledahan KPK, Polri Disemprot DPR Halangi Penggeledahan KPK, Polri Disemprot DPR Halangi Penggeledahan KPK, Polri Disemprot DPR Halangi Penggeledahan KPK, Polri Disemprot DPR Halangi Penggeledahan KPK, Polri Disemprot DPR Halangi Penggeledahan KPK, Polri Disemprot DPR Halangi Penggeledahan KPK, Polri Disemprot DPR

0 comments:

Post a Comment