Wednesday, August 1, 2012

Pergantian Ketua Banggar DPR Harus Diikuti Perbaikan Sistem

Ilustrasi (Foto: Reuters)
Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pergantian Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR diyakini tidak akan membawa perbaikan yang signifikan.
 
"Jadi mau diganti seribu kali pun enggak akan berpengaruh," ungkap Wakil Ketua DPR Pramono Anung kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (2/8/2012).
 
Menurut dia, pergantian personel tidak akan menjadikan Banggar akan lebih baik kecuali ada perubahan sistem di Banggar. Pramono mengusulkan agar ada lembaga internal DPR yang mengontrol Banggar. “Saya lebih percaya bahwa harus ada kesimbangan, Banggar tetap harus ada yang mengontrol di internal DPR sendiri," kata dia.
 
Lanjut Pramono, lembaga kontrol Banggar tersebut berfungsi untuk menjaga keseimbangan. 
 
"Keseimbangan kalau dulu dilakukan dengan komisi dimana seluruh materi harus mendapat persetujuan komisi, baru dibawa ke Banggar. Yang terakhir ini kan enggak, komisi apapun mengikuti Badan Anggaran karena memang kewenangan awal di pemerintah. Praktis hampir 95 persen yang menyusun kan pemerintah, begitu masuk ke DPR di Banggar hanya tambah kurang saja tetapi tidak merubah struktur secara keseluruhan," jelasnya.
 
Sebab itu Pram menegaskan lagi bawah perbaikan Banggar bukan dengan cara mengganti personel melainkan dengan memperbaiki sistem itu sendiri.

(lam)

Pergantian Ketua Banggar DPR Harus Diikuti Perbaikan Sistem Gallery

Pergantian Ketua Banggar DPR Harus Diikuti Perbaikan Sistem Pergantian Ketua Banggar DPR Harus Diikuti Perbaikan Sistem Pergantian Ketua Banggar DPR Harus Diikuti Perbaikan Sistem Pergantian Ketua Banggar DPR Harus Diikuti Perbaikan Sistem Pergantian Ketua Banggar DPR Harus Diikuti Perbaikan Sistem Pergantian Ketua Banggar DPR Harus Diikuti Perbaikan Sistem Pergantian Ketua Banggar DPR Harus Diikuti Perbaikan Sistem

0 comments:

Post a Comment