Thursday, August 2, 2012

Menjadi Manajer dan Supervisor Andal


Judul buku : Buku Saku Manager
Penulis : Armala
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : I, Maret 2012
Tebal : 130 Halaman

Skill atau keterampilan adalah hal yang lazim dimiliki oleh seorang manajer atau supervisor. Namun, menguasai keterampilan teknis saja tidaklah cukup bagi mereka yang ingin sukses menjalankan organisasi atau perusahaan. Mereka harus dibekali keterampilan manajemen yang memadai agar mampu melakukan perkembangan dan peningkatan-peningkatan yang signifikan dalam organisasi atau perusahaan yang dipimpinnya.

Beberapa penelitian ilmiah telah berhasil merumuskan langkah-langkah atau aktivitas utama yang senantiasa dilakukan manajer mana pun yang efektif. Langkah-langkah tersebut di antaranya; membuat perencanaan (planning), membuat pengaturan (organizing), mengarahkan (leading), dan melakukan pengawasan (controlling).

Buku Saku Manager karya Armala ini hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut. Untuk memberikan pedoman agar mereka memiliki keterampilan manajerial yang memadai, sehingga bisa menjalankan fungsinya sebagai manajer secara efektif dan efisien.
 
Dalam sebuah perencanaan (planning), seorang manajer seyogyanya mampu menyusun strategi operasi dan memutuskan cara terbaik untuk mencapai tujuan, sesuai dengan tanggung jawab yang dimiliki. Dalam hal ini seorang manajer menetapkan tujuan yang ingin diraih dan mengusulkan cara-cara pencapaiannya, termasuk menyusun macam-macam rencana, misalnya rencana hasil akhir (quantity dan quality), rencana penggunaan dana, rencana tenaga kerja, dan sebagainya.

Sementara dalam pengaturan (organizing), manajer mengkoordinasikan aktivitas atau mengatur suatu hubungan secara terpadu sehingga para karyawan bisa menjalankan rencana manajemen dan meraih tujuan yang ingin dicapai. Misal, membagi-bagi pekerjaan sehingga masing-masing dapat membagi waktu, pikiran, dan tenaga.

Begitu juga pengawasan (controlling) dilakukan sebagai suatu proses pengendalian yang dilakukan secara sadar (monitoring) untuk memantau kinerja atau mengevaluasi bagaimana rencana kerja dilaksanakan, termasuk di dalamnya mengukur kemajuan setiap tahap (pencapaian target). (hal.4)

Menurut Armala, dalam menjalankan perannya, seorang manajer tidak bisa bekerja sendirian. Mereka harus mendapat dukungan dari bawahannya. Layaknya seorang dirigen, seorang manajer harus mampu melatih (training), mengarahkan (directing), memengaruhi (influencing), dan mengawasi (supervising), agar para “pemain” (karyawan/bawahan) bisa melahirkan suatu permainan orkestra yang indah dan mengagumkan.

Buku setebal 130 halaman ini merangkum sejumlah rahasia sukses bagaimana memimpin sebuah organisasi atau perusahaan. Melalui buku ini penulis berbagi pengalaman kepada para manajer atau calon manajer yang ingin menjalankan sebuah roda keorganisasian dengan baik dan efisien.
Selain bagaimana membuat planning, organizing, dan controlling, buku ini juga dilengkapi pedoman manajemen kinerja, pembagian tanggungjawab, menyusun laporan, bagaimana memberikan umpan balik positif dan umpan balik korektif, teknik menegur bawahan, hingga bagaimana mengelola konflik yang memang tidak dapat dihindari dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Sebagaimana buku saku (pocket book), buku ini tergolong praktis karena pembahasan dalam setiap bab disusun dengan cukup ringkas. Akan tetapi, efektifitas dari konsep-konsep dalam meningkatkan kinerja para manajer dan supervisor yang dipaparkan dalam buku ini sudah teruji dan telah dibuktikan oleh ribuan manajer dan supervisor di seluruh dunia, termasuk manajer dan supervisor pada perusahaan di Asia Pasifik, di mana penulis buku ini menjadi fasilitator mereka. [*]

Peresensi: Untung Wahyudi
Pecinta buku di Sumenep, Madura.


(//mbs)

Menjadi Manajer dan Supervisor Andal Gallery

Menjadi Manajer dan Supervisor Andal Menjadi Manajer dan Supervisor Andal Menjadi Manajer dan Supervisor Andal Menjadi Manajer dan Supervisor Andal Menjadi Manajer dan Supervisor Andal Menjadi Manajer dan Supervisor Andal Menjadi Manajer dan Supervisor Andal

0 comments:

Post a Comment