Thursday, August 2, 2012

Keluhan SBY Tentang Berobat ke Luar Negeri Tak Rasional

Foto: Reuters
Foto: Reuters

JAKARTA - Pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tentang banyaknya warga Indonesia yang berobat ke luar negeri yang disampaikan dalam sidang kabinet di Kementerian Kesehatan kemarin mendapat tanggapan dari Pengamat Politik, Andrinof Chaniago.
 
Menurutnya, SBY tidak perlu mempersoalkan hal tersebut. "Kalau masyarakat pergi ke luar negeri untuk berobat kan memang karena fasilitas disini ketinggalan. Sebelum bicara soal mengimbau itu kan sebaiknya pemerintah terlebih dahulu memperbaiki kualitasnya. Jadi jangan langsung mengimbau-imbau," ujarnya di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (2/8/2012).
 
Sebaiknya, lanjut Andrinof, pemerintah meningkatkan kualitas standarisasi fasilitas. Kata dia, pemerintah harus terlibat dalam proses menjaga dan menerapkan standarisasi fasilitas tersebut.
 
"Masyarakat kan juga punya perhitungan rasionalnya sendiri. meski mahal tetapi peluangnya sembuh itu kan tidak jadi masalah. Itu hak masyarakat juga. Imbauan itu harus rasional," katanya.
 
Dia menambahkan, SBY sebagai kepala pemerintahan sebaiknya mempriotaskan standar pelayanan minimum Rumah Sakit (RS).
 
"Lebih baik pemerintah mengarahkan di internal dahulu lalu bikin regulasi dan diawasi. Kalau cuma diimbau masalah enggak akan selesai," tutupnya.

(sus)

Keluhan SBY Tentang Berobat ke Luar Negeri Tak Rasional Gallery

Keluhan SBY Tentang Berobat ke Luar Negeri Tak Rasional Keluhan SBY Tentang Berobat ke Luar Negeri Tak Rasional Keluhan SBY Tentang Berobat ke Luar Negeri Tak Rasional Keluhan SBY Tentang Berobat ke Luar Negeri Tak Rasional Keluhan SBY Tentang Berobat ke Luar Negeri Tak Rasional Keluhan SBY Tentang Berobat ke Luar Negeri Tak Rasional Keluhan SBY Tentang Berobat ke Luar Negeri Tak Rasional

0 comments:

Post a Comment