Sunday, July 8, 2012

Soal Anggaran Alquran, Kemenag Bantah Beri "Jatah" ke DPR

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)
Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Sekjen Kementerian Agama, Bahrul Hayat menjelaskan bahwa anggaran pengadaan Alquran memang mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Namun yang menjadi aneh adalah, pengajuan kenaikan anggaran pengadaan Alquran tersebut dilakukan dalam pembahasan APBN P 2012, bukan saat pembahasan APBN.

"Itu kebetulan aja. Jadi kebutuhan terhadap akses kitab suci dari tahun ke tahun memang kita bersepakat untuk dinaikan. Anggaran kemenag itu selalu turun prosentasenya terhadap APBN. Kalau kebutuhannya riil kenapa?" kata Bahrul kepada wartawan di DPR, Jakarta, Senin (9/7/2012).

Dia menambahkan bahwa siapa saja bisa menjadi sasaran distribusi Alquran di Kementerian Agama. Namun dia membantah telah memberikan jatah untuk anggota DPR terkait hal tersebut.

"Siapa aja, akan kita salurkan. Kita juga menyediakan distribusi-distribusi. Kalau di pusat ya siapa saja. Kita tidak pernah jatah-jatahan. DPR itu kan bagian dari warga negara yang kebetulan punya warga masyarakat untuk dibagikan," paparnya.

Terkait kemungkinan adanya keterlibatan pihak di dalam Kemenag dalam kasus korupsi pengadaan Alquran tersebut, lebih lanjut Bahrul mengatakan bahwa pihaknya hanya dapat melakukan pemeriksaan mengenai mekanisme prosedural di internalnya.

"Kalau yang namanya pemeriksaan internal kan biasa, seperti pendalaman prosedur, atau ada hal-hal yang dirasa kurang tepat, kan tetep dilihat. Tapi tim dari kemenag hanya bisa melihat dari aspek prosedural," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Bahrul juga membantah jika Alquran tersebut memiliki harga satu juta per buahnya. "Di kemenag saya diberi laporan 2011 itu 31.500 per buah," tutup Bahrul.

(ded)

Soal Anggaran Alquran, Kemenag Bantah Beri "Jatah" ke DPR Gallery

Soal Anggaran Alquran, Kemenag Bantah Beri "Jatah" ke DPR Soal Anggaran Alquran, Kemenag Bantah Beri "Jatah" ke DPR Soal Anggaran Alquran, Kemenag Bantah Beri "Jatah" ke DPR Soal Anggaran Alquran, Kemenag Bantah Beri "Jatah" ke DPR Soal Anggaran Alquran, Kemenag Bantah Beri "Jatah" ke DPR Soal Anggaran Alquran, Kemenag Bantah Beri "Jatah" ke DPR Soal Anggaran Alquran, Kemenag Bantah Beri "Jatah" ke DPR

0 comments:

Post a Comment