Monday, July 9, 2012

Puluhan Warga Terjaring Razia Syariat Islam

Petugas WH menasihati seorang wanita yang terjaring razia (foto: Salman/okezone)
Petugas WH menasihati seorang wanita yang terjaring razia (foto: Salman/okezone)

BANDA ACEH - Puluhan perempuan berpakaian ketat dan pria bercelana pendek, terjaring razia busana yang dilakukan tim gabungan penegakan Syariat Islam di Kota Banda Aceh.

Polisi Syariah (Wilayatul Hisbah/WH) akan menggencarkan razia menjelang bulan suci Ramadan 1433 Hijriah di Aceh. Razia dilakukan di jalan Muhammad Hasan, tepatnya di depan Kantor Kejaksaan Tinggi Provinsi Aceh, sejak pukul 15.00 hingga 16.00 WIB.

"Razia dalam rangka menegakkan Qanun nomor 11/2003 tentang aqidah, ibadah dan syariat islam," kata Samsuddin, Kasi Penegakan dan Pelanggaran Syariat Islam Satpol PP dan WH Aceh, di sela razia, Senin (9/7/2012).

Dalam razia petugas terdiri dari WH, polisi, dan POM memberhentikan perempuan mengenakan pakaian ketat dan pria bercelana pendek, yang dinilai tak sesuai dengan syariat Islam.

Mereka dibebaskan kembali setelah diminta meneken surat perjanjian tak mengulangi lagi perbuatannya dan dinasehati oleh polisi syariah.

Menurut Samsuddin, petugas hanya melakukan pembinaan di tempat karena belum ada peraturan menahan orang-orang berbusana tak sesuai syariat. "Jika ditemukan ada yang pernah terjaring sebelumnya, maka kami akan bawa dan proses di kantor," sebutnya.

Razia hanya ditujukan pada pengendara sepeda motor, sementara orang-orang yang naik mobil tak diberhentikan.

Samsuddin beralasan yang naik mobil tidak terlihat kalaupun mengenakan pakaian ketat atau celana pendek, maka tak diberhentikan.

"Yang naik mobil itu tidak terlihat langsung ke masyarakat, dia masih tertutup dalam mobil walaupun pakai pakaian ketat tidak terlihat sama kita. Kalau tidak pakai jilbab kami tangkap juga mereka," ujarnya.

Novi (16), remaja yang sempat terjaring razia mengaku ini tidak adil. "Mungkin yang di mobil itu pakai baju seksi, berduaan sama cowok bukan muhrim lagi, kok ngak dirazia. Ngak adil menurut saya, seharusnya disamaratakan lah," katanya saat ditanyai terpisah oleh Okezone.

Novi mengatakan meski risih terkena razia busana, namun dirinya senang mendapat nasihat dari petugas agar tidak berpakaian ketat lagi.

"Senang sih dapat dapat nasihat, dapat pelajaran baru. Yang penting jangan dikasari aja, kita pasti maklum," sebut siswi SMA itu. 

Di sisi lain, Samsuddin mengatakan, polisi syariah bersama jajaran TNI/Polri akan menggencarkan razia penegakan syariat dalam rangka menegakkan qanun syariat islam serta menyambut bulan suci Ramadan.
(kem)

Puluhan Warga Terjaring Razia Syariat Islam Gallery

Puluhan Warga Terjaring Razia Syariat Islam Puluhan Warga Terjaring Razia Syariat Islam Puluhan Warga Terjaring Razia Syariat Islam Puluhan Warga Terjaring Razia Syariat Islam Puluhan Warga Terjaring Razia Syariat Islam Puluhan Warga Terjaring Razia Syariat Islam Puluhan Warga Terjaring Razia Syariat Islam

0 comments:

Post a Comment