Monday, July 9, 2012

Pelabuhan Merak Macet, Pengusaha Rugi Ratusan Juta Rupiah

Pelabuhan Merak (Foto: dok Okezone)
Pelabuhan Merak (Foto: dok Okezone)

MEDAN - Pengusaha asal Medan yang bergerak dalam bidang pengiriman barang dan jasa dari Medan ke Jakarta mengalami kerugian hingga jutaan rupiah. Hal ini dikarenakan terjadinya antrian panjang di Pelabuhan Merak, Jakarta yang membuat operasional bertambah.

Adi (46) salah satu pengusaha jasa pengiriman mengatakan dalam beberapa pekan terakhir mengalami kerugian hingga jutaan rupiah dikarenakan harus mengeluarkan dana yang lebih besar dalam melakukan pengiriman barang dengan tujuan Jakarta.

Dia menjelaskan, akibat penumpukan tersebut membuat pengiriman semakin lama dan harus menambah uang makan sopir, BBM dan gajinya. "Saya harus menambah uang operasional pengiriman, baik uang makan maupun gaji sopir," kata Adi.

Selain mengalami kerugian, perusahaannya juga kerap mendapat komplain dan kehilangan kepercayaan dari konsumen karena pengiriman yang biasanya lima hari kini bisa memakan waktu hingga delapan sampai sepuluh hari.

"Kalau pemerintah tidak serius mengatasi masalah ini perusahaan ini bisa tutup, dan akan banyak yang akan menganggur nantinya," ucapnya.

Sementara itu, Kampak Sembiring, pengusaha buah-buahan asal Brastagi, menambahkan mengalami kerugian karena barang (buah) yang dikirim ke Jakarta terpaksa membusuk dan tidak layak untuk dijual kembali. "Buah yang saya kirim busuk karena terlambat sampai tujuan dan itu menimbulkan kerugian besar," katanya.

Kerugian ini sudah dialami sejak terjadinya kesemrautan di Pelabuhan Merak yang menyebabkan antrian panjang. Lanjut Kampak, kalau pemerintah tidak serius mengatasi masalah ini maka kerugian pengusaha buah yang ada di Brastagi akan semakin besar. "Bukan hanya saya yang mengalami kerugian tapi pengusaha lainnya juga mengalami hal yang sama," jelasnya.

Dirinya berharap pemerintah menambah armada kapal pengangkut atau mencari solusi untuk menyelesaikan persoalan ini.

(sus)

Pelabuhan Merak Macet, Pengusaha Rugi Ratusan Juta Rupiah Gallery

Pelabuhan Merak Macet, Pengusaha Rugi Ratusan Juta Rupiah Pelabuhan Merak Macet, Pengusaha Rugi Ratusan Juta Rupiah Pelabuhan Merak Macet, Pengusaha Rugi Ratusan Juta Rupiah Pelabuhan Merak Macet, Pengusaha Rugi Ratusan Juta Rupiah Pelabuhan Merak Macet, Pengusaha Rugi Ratusan Juta Rupiah Pelabuhan Merak Macet, Pengusaha Rugi Ratusan Juta Rupiah Pelabuhan Merak Macet, Pengusaha Rugi Ratusan Juta Rupiah

0 comments:

Post a Comment