Saturday, July 21, 2012

Minta Mundur Menteri, Bukti SBY Tersandera Koalisi

Presiden SBY (foto: Dok. Okezone)
Presiden SBY (foto: Dok. Okezone)

JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengkritik anggota Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid II yang sibuk mengurusi partai agar mengundurkan diri dari jabatannya.  
 
Pengamat politik Charta Politica Arya Fernandes menilai pernyataan presiden SBY kali ini menunjukkan kerisauannya lantaran tidak bisa mengambil sikap tegas terhadap para menterinya yang sibuk mengurusi Parpol dibandingkan menjalankan kinerja kepemeintahan. SBY kata hanya bisa mengkritik mereka melalui media.
 
“Memang agak sulit bagi SBY untuk bersikap tegas menjelang 2014, apalagi tiga menterinya seperti Menag Suryadharma Ali Ketum PPP, Menko Perekonomian Hatta Rajasa Ketum PAN, dan Menaketrans Muahimin Iskandar Ketum PKB. Ketiganya pendukung SBY di pemerintahan, yah SBY hanya bisa menyindir lewat media masa,” ungkap Arya kepada Okezone, Minggu (22/7/2012).
 
Meski kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan semakin menurun, dia yakin SBY tak berani untuk memecat anggota kabinetnya karena perombakan itu sangat berisiko besar bagi pemerintahan SBY dan Demokrat. Disamping itu kata dia, ketiga Ketum Parpol di KIB Jilid II itu sudah sangat dekat dengan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat sejak KIB Jilid I.
 
“Apalagi mereshuffle. ini sangat berisiko bagi presiden untuk mereshuffle, tingkat kepuasaan kinerja pemerintah semakin turun. Ketiga Ketum parpol itu sudah sangat dekat dengan presiden sejak KIB jilid I,” imbuhnya.
 
Bagi dia, kritikan ini merupakan puncak kemarahan SBY lantaran SBY telah tersandera dengan koalisi yang telah dibangunnya sejak awal. “Ini diluar kebiasaan SBY, jarang sekali SBY mengkritik diruang publik, biasanya dilakukan orang ketiga seperti dari internal Demokrat. Ini puncak kegerahan SBY, tinggal dilihat saja karena SBY tidak bisa berbuat lebih banyak,” tukas dia.

(hol)

Minta Mundur Menteri, Bukti SBY Tersandera Koalisi Gallery

Minta Mundur Menteri, Bukti SBY Tersandera Koalisi Minta Mundur Menteri, Bukti SBY Tersandera Koalisi Minta Mundur Menteri, Bukti SBY Tersandera Koalisi Minta Mundur Menteri, Bukti SBY Tersandera Koalisi Minta Mundur Menteri, Bukti SBY Tersandera Koalisi Minta Mundur Menteri, Bukti SBY Tersandera Koalisi Minta Mundur Menteri, Bukti SBY Tersandera Koalisi

0 comments:

Post a Comment