Tuesday, July 10, 2012

Kementerian PU Harus Bertanggungjawab Soal Hambalang

ilustrasi (foto: okezone)
ilustrasi (foto: okezone)

JAKARTA - Panitia Kerja (Panja) perkembangan proyek pembangunan Program Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang menuding Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) adalah pihak yang paling bertanggungjawab terkait pemilihan lahan Hambalang.

"Ya menteri PU, PU kan sebagai perencanaan, perencanaan itu tadi saya belum sempat tanya. Karena dia ngomong seolah-olah ada kelanjutan. Sebenarnya dia tahu atau tidak ini ada rekayasa teknologi dalam perencanaan, ini belum saya tanyakan," jelas Anggota Komisi X dari fraksi Demokrat, Jefri Riwu Kore, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/7/2012).

Jefri mengatakan, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) hanya berwenang menangani permasalahan teknis, yakni sebatas tempat saja. Sementara  PU, bertanggungjawab sebagai pihak yang membuat perencanaan. Dalam hal ini Cipta Karya sebagai KSO (Kerjasama Operasional) yang bertanggungjawab dalam proyek tersebut.

"Bukan dimaksudkan ke kementerian, karena hanya butuh bangunannya untuk para olahragawan," lanjutnya.

Mengenai alasan Kementerian PU yang membangun proyek SP3ON di tanah Hambalang juga perlu digali lebih dalam, terutama persoalan siapa perencana awal dan bagaimana perencanaan ini bisa terjadi. Dalam hal ini yang bertugas adalah Cipta Karya sebagai KSO PU.

"Kenapa harus dibuat disitu, nah itu yang harus digali-gali, tapi digali dari perencanaan awalnya, siapa yang membuat rencana awalnya, siapa yang menentukan awalnya. Makanya itu yang saya tanyakan pertama kali, Lho anda tahu ini di Hambalang sudah ada, darimana, jawabnya itu karena ada longsor dimana-mana," ungkap Jefri.

Dia menilai, proyek ini terkesan dipaksakan dan bagi siapapun yang memang terlibat dalam kasus indikasi pidana untuk proyek Hambalang harus diusut tuntas seperti yang dikatakan Andi Malarangeng.

"Kami tidak pandang bulu, disini panja sifatnya meminta masukan dari berbagai kalangan, kita sikat semuanya," pungkasnya.
(put)

Kementerian PU Harus Bertanggungjawab Soal Hambalang Gallery

Kementerian PU Harus Bertanggungjawab Soal Hambalang Kementerian PU Harus Bertanggungjawab Soal Hambalang Kementerian PU Harus Bertanggungjawab Soal Hambalang Kementerian PU Harus Bertanggungjawab Soal Hambalang Kementerian PU Harus Bertanggungjawab Soal Hambalang Kementerian PU Harus Bertanggungjawab Soal Hambalang Kementerian PU Harus Bertanggungjawab Soal Hambalang

0 comments:

Post a Comment