Friday, July 20, 2012

GMNI Bantah Tolak Empat Pilar Kebangsaan

ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) di Palembang secara resmi ditutup.Sebelumnya, Rakornas sempat diwarnai sedikit kericuhan. Kericuhan tersebut terjadi setelah ada kesepakatan untuk menolak konsep empat pilar kebangsaan Indonesia.

Namun, menurut Ketua Presidium GMNI, Twedy Noviady tak ada penolakan terhadap empat pilar kebangsaan. Dia membantah adanya bebeberapa anggota meminta keputusan menolak konsep empat pilar kebangsaan yang sering disosialisasikan Ketua MPR Taufiq Kiemas dan pimpinan MPR RI lainnya. "Tidak ada sikap politik yang menolak 4 pilar," kata Twedy dalam pesan singkatnya kepada Okezone, Jumat (20/7/2012).

Kata Twedy, kericuhan tersebut di luar Rakornas. “Itu dua hal yang berbeda karena pemukulan itu terjadi setelah rakornas selesai. Dan yang berseteru adalah yang bukan ikut sidang tapi peserta lain dengan panitia daerah," kata Twedy.

Rakornas, kata Twedy, telah melahirkan beberapa gagasan untuk memperkuat konsolidasi organisasi dalam beberapa rekomendasi di antaranya melakukan judicial review terhadap beberapa undang-undang yang dianggap bertentangan dengan UUD'45.  

"Rekomendasi ini sekaligus memantapkan sikap tegas GMNI yang berpihak pada Rakyat sebagai bentuk komitment GMNI terhadap Marhaenisme sebagai azas organisasi," tegasnya.

Sebelumnya, Ketua DPC GMNI Cabang Bandung, Ilham Wiratmaja mengatakan, bebeberapa anggota meminta keputusan menolak konsep empat pilar kebangsaan yang sering disosialisasikan Ketua MPR Taufiq Kiemas dan pimpinan MPR RI lainnya, dibatalkan. Padahal sebelumnya, keputusan tersebut sudah dibahas dan disepakati oleh Komisi Politik.

Dalam pembahasan di Komisi Politik, para aktivis GMNI menilai konsep empat pilar kebangsaan sebagai konsep yang a historis. Konsep empat pilar, sambung Ilham, sudah keluar dari dasar negara Pancasila, dan justru mensejajarkan Pancasila dengan tiga pilar lainnya, yaitu Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, NKRI, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

(ugo)

GMNI Bantah Tolak Empat Pilar Kebangsaan Gallery

GMNI Bantah Tolak Empat Pilar Kebangsaan GMNI Bantah Tolak Empat Pilar Kebangsaan GMNI Bantah Tolak Empat Pilar Kebangsaan GMNI Bantah Tolak Empat Pilar Kebangsaan GMNI Bantah Tolak Empat Pilar Kebangsaan GMNI Bantah Tolak Empat Pilar Kebangsaan GMNI Bantah Tolak Empat Pilar Kebangsaan

0 comments:

Post a Comment