Friday, July 20, 2012

HKTI Dukung KPK Bongkar Mafia Pupuk


JAKARTA- Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) mengapresiasi rencana Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut dugaan penyelewengan dalam proyek pengadaan pupuk dekomposer senilai Rp81 miliar di Kementerian Pertanian. Jika dugaan penyelewengan itu terbongkar maka mafia pupuk yang selama ini merajalela diyakini akan terbongkar.

"Kami semua tahu ada semacam mafia pupuk yang selama ini tidak disentuh oleh aparat penegak hukum. Dengan adanya upaya untuk mengusut ini, saya kira bisa mengakhiri agar pupuk tidak menjadi bancakan mafia," kata Sekjen HKTI, Fadli Zon kepada wartawan di Jakarta, Jumat (20/7/2012).

Menurutnya, sangat ironis jika memang penyelewangan pupuk benar-benar terjadi. Pasalnya petani selama ini selalu kesulitan untuk mendapatkan pupuk. Petani, sebenarnya, mendapatkan pupuk bersubsidi yang murah. Namun faktanya, kata Fadli, seringkali harganya lebih tinggi dari sebenarnya.

Karenanya, HKTI menaruh harapan besar pada KPK untuk bisa membongkar habis dugaan
penyelewengan pengadaan pupuk di Kementrian Pertanian. "Yang penting petani bisa mendapatkan pupuk dengan murah, mudah, tepat waktu dan bermutu,” tandasnya.

Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Ucok Sky Khadafi, menduga ada politikus DPR yang bermain kotor dalam proses tender pupuk Kementrian Pertanian. PT DMP pernah digunakan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, untuk menggarap proyek laboratorium elektronika Universitas Sriwijaya Palembang.

FITRA menyoroti adanya ketidakwajaran harga yang ditawarkan PT DMP. Untuk tahun lalu harga pupuk organik cair untuk program Bantuan Langsung Pupuk (BLP) yang pengadaannya melalui Public Service Obligation (PSO)oleh tiga BUMN, dipatok sekitar Rp 60 ribu per liter. Namun PT DMP yang memenangi tender tahun ini justru mengajukan penawaran Rp31 ribu per liter.

"Kok bisa lebih murah, bahkan hampir setengah harga dari tahun sebelumnya. Apakah tahun 2011 telah terjadi mega mark up besar-besaran di Kementan, ataukah tahun ini justru pupuk dari PT DMP yang tidak sesuai dengan spesifikasi?” ungkapnya.
(trk)

HKTI Dukung KPK Bongkar Mafia Pupuk Gallery

HKTI Dukung KPK Bongkar Mafia Pupuk HKTI Dukung KPK Bongkar Mafia Pupuk HKTI Dukung KPK Bongkar Mafia Pupuk HKTI Dukung KPK Bongkar Mafia Pupuk HKTI Dukung KPK Bongkar Mafia Pupuk HKTI Dukung KPK Bongkar Mafia Pupuk HKTI Dukung KPK Bongkar Mafia Pupuk

0 comments:

Post a Comment