Tuesday, July 10, 2012

DPR Usulkan Tahanan Politik Papua Diberi Amnesti

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)
Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III Nasir Jamil mengusulkan para tahanan politik yang mendekam dipenjara Papua perlu diberi amnesti oleh pemerintah. Sebelumnya, perlakukan serupa telah diberikan kepada para tahanan politik di Aceh.
 
Menurut Nasir mengenai masalah Papua ini, DPR akan melakukan rapat gabungan untuk mencari jalan keluar penyelesaiannya. Sebab, ini merupakan masalah serius, karena seperti diketahui, Kapolri dan Menko Polhukam sudah melakukan kunjungan ke Papua tapi  konflik di Papua belum juga selesai.
 
"Pada rapat gabungan nanti akan diinventarisasi masalah Papua dan DPR akan mengundang tim Pemantau dalam rapat untuk membicarakan masalah-masalah Papua," jelasnya di Gedung DPR RI, Jakarta (10/7/2012).
 
Anggota Komisi III fokus dan memberikan perhatian khusus pada masalah Papua. Serta, akan serius dalam mengedepankan rencana dialog antara pihak - pihak terkait. "Permasalahan tahanan politik yang diberlakukan tidak manusiawi juga akan dibahas pada rapat gabungan nanti," paparnya.
 
Seperti yang dijelaskan oleh KontraS dan perwakilan dari masyarakat Papua, keadaan di Papua bukan membaik malah memburuk dalam penyelesaian masalah, terkait penegakan HAM. Hal ini dikarenakan langkah para penjaga Keamanan TNI dan Polri yang melakukan tindakan - tindakan kekerasan dan sewenang - wenang terhadap para warga Papua.

(ful)

DPR Usulkan Tahanan Politik Papua Diberi Amnesti Gallery

DPR Usulkan Tahanan Politik Papua Diberi Amnesti DPR Usulkan Tahanan Politik Papua Diberi Amnesti DPR Usulkan Tahanan Politik Papua Diberi Amnesti DPR Usulkan Tahanan Politik Papua Diberi Amnesti DPR Usulkan Tahanan Politik Papua Diberi Amnesti DPR Usulkan Tahanan Politik Papua Diberi Amnesti DPR Usulkan Tahanan Politik Papua Diberi Amnesti

0 comments:

Post a Comment