Wednesday, July 25, 2012

DPR Dorong Pemerintah Hentikan Pembantaian Rohingya


JAKARTA - Anggota DPR Komisi I Fraksi Partai Golkar, Ahmed Zaki Iskandar, meminta pemerintah bersikap dan bertindak tegas atas pembantaian ribuan muslim Rohingya di Myanmar. Pembantaian suku Rohingya merupakan pelanggaran hak asasi manusia.

"Langkah paling awal, pemerintah harus mengirimkan nota protes ke kedubes Myanmar," kata dia ditemui wartawan di gedung DPR, Senayan, Jakarta (25/7/2012).

Zaki berharap, Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa mendesak pemerintah Myanmar  menghentikan pembantaian kaum muslim Rohingnya. Badan-Badan internasional seperti PBB dan OKI juga mengambil tindakan konkrit guna menyelamatkan kaum muslim Rohingnya.

"Apalagi pembantaian ini sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu dan terus terjadi hingga bulan ini," tutur

Kata dia, saat ini kaum muslim di Rohingya tidak bisa melakukan ibadah Ramadan dengan tenang. Pasalnya, kekerasan komunal  terus berlangsung di Myanmar Barat, enam minggu setelah pemerintah mengumumkan keadaan darurat.

Sebagai Ketua Asean, menurutnya, Indonesia berkewajiban memperhatikan dan ikut menyelesaikan masalah ini. Asean harus melakukan tindakan khusus berupa perlindungan dan tuntutan penghentian tindakan kekerasan terhadap etnis Rohingya.

Etnis Rohingya adalah warga muslim yang tinggal di wilayah Arakan. Hingga 2012, sekira 800 ribu warga Rohingya berdomisili di Myanmar. PBB mengatakan, mereka adalah salah satu warga minoritas yang paling menderita di dunia. Mereka terus menderita diskriminasi selama beberapa tahun terakhir.

Hingga kini, sebagian dari mereka sudah ada yang bermigrasi ke Bangladesh dan Malaysia. Sekira 300 ribu etnis Rohingya tinggal di Bangladesh dan 24 ribu lainnya di Malaysia.
(trk)

DPR Dorong Pemerintah Hentikan Pembantaian Rohingya Gallery

DPR Dorong Pemerintah Hentikan Pembantaian Rohingya DPR Dorong Pemerintah Hentikan Pembantaian Rohingya DPR Dorong Pemerintah Hentikan Pembantaian Rohingya DPR Dorong Pemerintah Hentikan Pembantaian Rohingya DPR Dorong Pemerintah Hentikan Pembantaian Rohingya DPR Dorong Pemerintah Hentikan Pembantaian Rohingya DPR Dorong Pemerintah Hentikan Pembantaian Rohingya

0 comments:

Post a Comment