Monday, July 9, 2012

Sidang Itsbat Penentuan Awal Ramadan Digelar 19 Juli

ilustrasi (okezone)
ilustrasi (okezone)

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang itsbat untuk menentukan awal bulan ramadan 1433 hijiriah. Sidang itsbat rencananya akan digelar pada 19 Juli mendatang.

"Insya Allah 19 Juli diadakan sidang Itsbat," ujar Menteri Agama (Menag), Suryadharma Ali ditemui pada acara pembukan Gebyar Pendidikan Islam untuk TK dalam rangka Hari anak Nasional, di Masjid At-Tin, TMII, Jakarta Timur, Selasa (10/7/2012).

Saat disinggung mengenai ormas Islam yakni Muhamadiyyah yang tidak melakukan sidang Itsbat di Kementerian Agama, Suryadharma tidak mempermasalahkannya. Ia pun mempersilakan Muhamadiyyah untuk berbeda. Pasalnya, jauh sebelumnya organisasi yang dipimpin oleh Din Syamsudin itu sudah menentukan awal puasa jatuh pada 20 Juli 2012.

Dalam perhitungan badan hisab rukyat sambungnya, Kemenag belum ada kepastian. "Puasa akan dimulai pada 21 Juli berdasarkan itjima' yang terjadi pada 19 Juli pada pukul 11.25 Wib dengan posisi hilal sekitar 1,31 derajat," paparnya.

Dia menjelaskan rukyat sangat sulit dilakukan karena hilal di bawah dua derajat. "Nanti mengunakan standar istikmal atau mengunakan umur bulan Syakban selama 30 hari," tutupnya.
(put)

Sidang Itsbat Penentuan Awal Ramadan Digelar 19 Juli Gallery

Sidang Itsbat Penentuan Awal Ramadan Digelar 19 Juli Sidang Itsbat Penentuan Awal Ramadan Digelar 19 Juli Sidang Itsbat Penentuan Awal Ramadan Digelar 19 Juli Sidang Itsbat Penentuan Awal Ramadan Digelar 19 Juli Sidang Itsbat Penentuan Awal Ramadan Digelar 19 Juli Sidang Itsbat Penentuan Awal Ramadan Digelar 19 Juli Sidang Itsbat Penentuan Awal Ramadan Digelar 19 Juli

0 comments:

Post a Comment