Tuesday, July 24, 2012

Penyebab Banjir Bandang di Padang Versi WALHI

Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - Banjir bandang yang melanda Kota Padang pada Selasa kemarin menimbulkan tanda tanya. Pasalnya, hujan hanya berlangsung selama tiga jam. Lalu apa penyebabnya?

“Penyebab terjadinya banjir di Padang karena topografi hulu yang sudah mengalami degradasi. Selain itu bantaran sungai juga mengalami sendimentasi,” kata Manager Penanganan Bencana WALHI, Mukri, saat dihubungi Okezone, Rabu (25/07/2012).

Lanjutnya, terdapat kerusakan hutan pada bagian hulu sungai dan mengakibatkan erosi. Akibatnya terjadi penumpukan material pada daerah bantaran sungai. Sehingga mengakibatkan pendangkalan air sungai. “Drainase yang buruk karena tidak dikelola oleh Pemda Kota,” imbuh Mukri.

Pemerintah daerah, kata dia, seharusnya peduli dengan masalah drainase yang ada di Padang. Drainase yang buruk akan mengakibatkan meluapnya air saat banjir. Menurut Mukri, seharusnya BMKG selalu memberikan informasi terkait dengan kondisi yang ada.

Informasi terkait bencana harus terus dipantau, agar kejadian seperti banjir di Padang ini tidak terulang lagi. Perlunya juga untuk memasukkan daerah rawan bencana ke rencana anggaran pemerintah. Dengan demikian persiapan untuk penanggulangan bencana dapat dilakukan. 
(trk)

Penyebab Banjir Bandang di Padang Versi WALHI Gallery

Penyebab Banjir Bandang di Padang Versi WALHI Penyebab Banjir Bandang di Padang Versi WALHI Penyebab Banjir Bandang di Padang Versi WALHI Penyebab Banjir Bandang di Padang Versi WALHI Penyebab Banjir Bandang di Padang Versi WALHI Penyebab Banjir Bandang di Padang Versi WALHI Penyebab Banjir Bandang di Padang Versi WALHI

0 comments:

Post a Comment