Sunday, July 22, 2012

Mobil Internet Masuk Tana Toraja

ilustrasi
ilustrasi

MAKALE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja mendapat bantuan empat unit mobil layanan internet dari Kementrian Komunikasi dan Informatika. Bantuan tersebut diserahkan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo kepada Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung.

"Empat mobil itu akan segera difungsikan sebagai pusat layanan internet bergerak ke kecamatan,” kata Theofilus di Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Minggu (22/7/2012).

Theofilus mengatakan, setiap mobil terdapat lima hingga enam unit komputer jinjing (laptop) yang dilengkapi perangkat internet. Mobil layanan internet akan digilir ke semua kecamatan yang ada di Tana Toraja. Diakui Theofilus, masih banyak wilayah di Tana Toraja khususnya daerah terpencil yang belum tersentuh fasiltas internet, sementara minat masyarakat untuk berinternet cukup tinggi.

Mobil layanan internet juga dapat dinikmati oleh siswa sekolah agar lebih mudah mengakses informasi. Kendati demikian dia mengaku belum mengetahui secara pasti jadwal pengoperasian mobil internet. "Yang pasti, mobil layanan internet itu akan bergerak setiap hari ke kecamatan secara bergiliran untuk kepentingan masyarakat," ujarya,

Theofilus berharap, mobil layanan internet serta perangkat yang ada di dalamnya dirawat dengan sebaik-baiknya sehingga selalu bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Pasalnya, bantuan mobil internet merupakan salah satu realisasi program peningkatan informasi dan perekonomian masyarakat serta mendorong terciptanya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

"Saya harap, mobil serta perangkat internet dirawat dengan baik. Mobil itu aset daerah untuk kepentingan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, anggota LSM Aliansi Masyarakat Toraja Anti Korupsi (AMTAK), Daniel Bemba, mengatakan, mobil layanan internet jangan lebih dominan beroperasi di daerah perkotaan. Tapi, harus lebih banyak bergerak ke daerah-daerah yang memiliki keterbatasan dalam mengakses internet.

Dengan begitu, keterbatasan masyarakat khususnya di daerah terpencil dalam mencari informasi dan data cepat dapat diatasi  dengan pengoperasian mobil layanan internet tersebut. "Kami berharap mobil layanan internet pemanfaatannya bisa merata di daerah terpencil," cetusnya.
(Joni Lembang/Koran SI/trk)

Mobil Internet Masuk Tana Toraja Gallery

Mobil Internet Masuk Tana Toraja Mobil Internet Masuk Tana Toraja Mobil Internet Masuk Tana Toraja Mobil Internet Masuk Tana Toraja Mobil Internet Masuk Tana Toraja Mobil Internet Masuk Tana Toraja Mobil Internet Masuk Tana Toraja

0 comments:

Post a Comment