Thursday, July 19, 2012

Mengagumi Keindahan Jepang Lewat Novel


Judul Buku : Soba Ni Iru Yo (Beside You)
Penulis : Yoana Dianika
Penerbit: Bentang Belia, Yogyakarta.
Tahun : I,  Maret 2012.
Tebal : viii + 156 halaman.
ISBN : 978-602-9397-19-2

Masa remaja adalah masa yang paling indah. Banyak kisah-kisah menarik yang dilewati di masa itu. Dunia remaja sangat identik dengan pencarian jadi diri, persahabatan, dan cinta. Taksir-taksiran dengan lawan jenis tentu adalah hal yang biasa.

Sebut saja Mika Nakajima atau sering di panggil “Micchi” oleh teman-temannya, Kenji, Ren, dan Ayumi, tokoh-tokoh utama dalam novel ini. Mereka sudah menjalin persahabatan sejak kecil. Karena hampir setiap hari bertemu dan bermain, maka timbul rasa saling mengagumi antara mereka.

Suatu hari Kenji mengembalikan buku yang ia pinjam pada Mika. Saat Mika membalikkan badan ketika Kenji sudah pulang, sesuatu jatuh dari dalam buku  itu. Sepotong kertas berwarna biru pastel. Mika terkesiap. Di atas kertas itu tertulis Micchi, daisuki (aku suka Micchi). Ternyata, itu adalah pertemuan terakhirnya dengan Kenji. Keluarga Takayama harus pindah ke Tokyo, tanpa meninggalkan pesan dan alamat barunya. Dan, Mika harus menjalani hari-hari dengan sepi di desa Shirakawa.

Setelah bertahun-tahun lamanya, Mika Nakajima akhirnya juga harus pindah ke Tokyo, setelah menjual rumah mereka untuk dibelikan aparteman. Kehidupan di Tokyo serba tidak enak. Di kelas barunya, setingkat SMA, Mika bertemu dengan Ren, cowok super-rese yang mengadakan audisi pencarian pacar. Tanpa disangka, cowok itu ternyata adalah teman masa kecilnya dulu. Sialnya, si playboy slebor ini selalu menghantui kehidupan Mika. Mika juga bertemu dengan Kenji, dan Ayumi.

Mika sendiri masih belum bisa melupakan kenangan indah di Desa Shirakawa, kampung halamannya. Terlebih dengan Kenji, cowok yang ia sukai sejak kecil. Mika begitu penasaran dengan maksud kalimat yang Kenji tulis di kertas yang masih ia simpan. Tanpa Mika sadari, ternyata Ren juga menyukainya sejak kecil.
    
Novel remaja yang satu ini sangat unik. Tak banyak novel remaja Indonesia yang mengangkat tema berlatar negara Jepang. Bukan hanya judul dan nama-nama tokohnya saja yang menggunakan bahasa Jepang. Tetapi  tiap bab-nya juga memakai bahasa jepang. Setting tempat juga bukan sekedar tempelan belaka. Penulis begitu menguasai seluk-beluk kota Jepang, dan begitu piawai menuliskan istilah-istilah Jepang dan kebudayaan di sana. Dan pembaca tak perlu mengeryitkan dahi ketika membaca istilah-istilah Jepang dalam novel ini, sebab penulis sudah melengkapinya dengan foot-note.

Sebagai pembaca, membaca novel ini kita benar-benar merasa berada di Jepang. Kita seolah-olah berwisata ke Jepang melihat banyaknya matsuri (Festival Budaya) yang diadakan saat musim panas. Festival menatap bulan yang diadakan saat musim gugur. Menikmati keindahan bunga sakura ketika musim semi. Atau melihat pemandangan serba putih ketika musim dingin.

Di balik minus dan plus-nya cerita dalam novel ini, yang jelas saya cukup merasa terhibur membaca novel ini hingga tuntas. Dan, bukan hanya sekedar hiburan belaka yang kita dapat. Membaca novel ini dapat menambah perbendaharaan kosa kata Jepang kita. Selamat membaca.  

Diresensi oleh: Muhammad Saleh
Penulis lepas dan penikmat buku, tinggal di Barabai, Kalimantan Selatan.


(//mbs)

Mengagumi Keindahan Jepang Lewat Novel Gallery

Mengagumi Keindahan Jepang Lewat Novel Mengagumi Keindahan Jepang Lewat Novel Mengagumi Keindahan Jepang Lewat Novel Mengagumi Keindahan Jepang Lewat Novel Mengagumi Keindahan Jepang Lewat Novel Mengagumi Keindahan Jepang Lewat Novel Mengagumi Keindahan Jepang Lewat Novel

0 comments:

Post a Comment