Wednesday, July 18, 2012

Massa Tangkap Pembobol ATM BCA di Aceh

Ilustrasi
Ilustrasi

BANDA ACEH - Seorang pria berinisial Amr (42) asal Medan, Sumatera Utara nyaris diamuk massa, setelah ketahuan hendak membobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Central Asia (BCA) di Rumah Sakit Fakinah, Jalan Sudirman, Banda Aceh.

Pelaku yang menyaru sebagai petugas BCA, ditangkap massa setelah kepergok memperdayai seorang ibu rumah tangga yang kartu ATM-nya tertelan di dalam mesin, saat hendak menarik uang.

Informasi dihimpun Okezone di lokasi kejadian, Rabu (18/7/2012), mulanya korban yang datang bersama anaknya hendak menarik uang di ATM. Tiba-tiba kartu ATM miliknya tersangkut di mesin, dan dia pun panik. Diduga pelaku telah merubah sistim di mulut ATM.
 
Amr yang menggenakan pakain mirip petugas bank menghampiri korban sambil menyarankan agar menghubungi nomor pusat pelayanan yang tertera di mesin ATM. Nomor yang semula merupakan call center, sudah telah diganti menjadi nomor pelaku lainnya.
 
Saat dihubungi korban diminta menyebut PINnya, yang saat itu ikut didengar langsung oleh Amr. Usai PIN diketahui, pelaku mencoba berpura-pura membantu korban mengeluarkan kartu ATM yang tertelan mesin. Korban curiga dengan gelagat Amr. Perempuan itu pun melaporkannya ke Kantor BCA cabang Banda Aceh di Peunayong.

Tak lama kemudian, petugas BCA datang ke lokasi. Pelaku yang masih berada di sekitar rumah sakit tiba-tiba gugup dan langsung melarikan diri. Sejumlah warga yang berada di sana kemudian mengejar dan menangkapnya tak jauh dari RS Fakinah. Massa nyaris saja mengamuk Amr, beruntung polisi cepat tiba di lokasi dan mengankan pelaku. Amr pun dibawa ke Mapolresta Banda Aceh. 

Kasat Reskrim Polresta Banda Aceh, AKP Wahyudi yang dikonfirmasi wartawan menyatakan, pihaknya masih mengembangkan kasus ini. “Dugaan sementara bukan dia pelaku utama,” kata dia.

Amr diketahui memiliki komplotan yang sering melakukan aksi serupa. Namun, dia baru kali ini beraksi di wilayah Aceh. “Kami masih melakukan pengembangan,” ujar Wahyudi.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil menyita lima kartu ATM  BRI, dua kartu ATM Bank Mandiri, satu kartu ATM Bank Muamalat, satu kartu ATM Bank Sumut, satu ATM Bank Aceh, satu ATM BCA dan satu ATM Bank BTN.
(ris)

Massa Tangkap Pembobol ATM BCA di Aceh Gallery

Massa Tangkap Pembobol ATM BCA di Aceh Massa Tangkap Pembobol ATM BCA di Aceh Massa Tangkap Pembobol ATM BCA di Aceh Massa Tangkap Pembobol ATM BCA di Aceh Massa Tangkap Pembobol ATM BCA di Aceh Massa Tangkap Pembobol ATM BCA di Aceh Massa Tangkap Pembobol ATM BCA di Aceh

0 comments:

Post a Comment