Monday, July 9, 2012

Kepala Pusat Vulkanologi: Tanah di Hambalang Rawan Longsor

Proyek Sport Center Hambalang (Foto: Heru H/okezone)
Proyek Sport Center Hambalang (Foto: Heru H/okezone)

JAKARTA - Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Surono pada rapat kerja dengan Menpora dan Komisi X DPR menjelaskan sifat tanah yang digunakan untuk proyek sport center Hambalang, Bogor, Jawa Barat, merupakan gerakan tanah tinggi dan tidak bisa diubah.
 
“Hambalang itu di daerah merah, artinya mempunyai daerah zona kerentanan pergerakan tanah tinggi, dan sering terjadi longsor,” jelas Surono saat Rapat Kerja dengan Kemenpora dan Komisi X DPR, Jakarta, Senin (10/7/2012).
 
Surono menambahkan, tingkat tanah tersebut tidak bisa diubah. “Apakah daerah itu bisa diubah? Tidak bisa diubah karena sudah menjadi sifat dasar dari tanah itu. Dan sifatnya tidak bisa diubah,” paparnya.
 
Menurutnya, tidak boleh ada air yang meresap ke bawah permukaan tanah. Sebab ini dapat memicu terjadinya longsor di kawasan itu.
 
“Hindari seketat mungkin air tanah meresap, menjemukan batu lembung itu. Batu itu keras mana kala dia alami dan belum terganggu. Tapi kalau kena air akan cepat jadi bubur. Kalau kena panas akan pecah-pecah. Ini sifatnya dan tidak bisa diubah,” simpulnya.

(lam)

Kepala Pusat Vulkanologi: Tanah di Hambalang Rawan Longsor Gallery

Kepala Pusat Vulkanologi: Tanah di Hambalang Rawan Longsor Kepala Pusat Vulkanologi: Tanah di Hambalang Rawan Longsor Kepala Pusat Vulkanologi: Tanah di Hambalang Rawan Longsor Kepala Pusat Vulkanologi: Tanah di Hambalang Rawan Longsor Kepala Pusat Vulkanologi: Tanah di Hambalang Rawan Longsor Kepala Pusat Vulkanologi: Tanah di Hambalang Rawan Longsor Kepala Pusat Vulkanologi: Tanah di Hambalang Rawan Longsor

0 comments:

Post a Comment