Thursday, July 19, 2012

Jelang Ramadhan, Warga Padang Lakukan Tradisi Mandi Bareng

Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)
Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

PADANG - Jelang bulan suci Ramadan ada sebuah tradisi unik dengan nama Balimau, yang selalu dilakukan masyarakat Sumatera Barat. Tradisi mensucikan diri dengan cara mandi bersama di sungai ini sudah berlangsung secara turun temurun. Saat mandi mereka biasanya menggunakan rempah dari daun jeruk.

Tradisi Balimau selalu dihadiri oleh ratusan orang yang memadati tempat wisata pemandian Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Padang, Sumatera Barat. Ratusan orang ini tiap tahunnya berdatangan untuk melakukan tradisi Balimau dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadan.

Balimau sendiri adalah tradisi turun temurun di Ranag Minang yang artinya mensucikan diri dengan mandi di sungai. Namun, lama-kelamaan tradisi ini sudah berubag menjadi ajang huru-hara. Sehingga, tak heran banyak terjadinya insiden atau kecelakaan saat digelarnya tradisi ini.

Rempah-rempah dari daun jeruk dan wewangian lainnya, biasanya digunakan dalam tradisi Balimau. Tidak jarang ditempat wisata pemandian serin dijumpai pedagang rempah limau ini.

"Konon katanya, jika tidak mandi dengan limau ini, maka puasanya tidak afdol atau kurang sempurna," jelas Emi warga yang sedang melakukan tradisi Balimau, Padang, Kamis (19/7/2012).
( Budi Sunandar (Sindo TV)/Sindo TV/ydh)

Jelang Ramadhan, Warga Padang Lakukan Tradisi Mandi Bareng Gallery

Jelang Ramadhan, Warga Padang Lakukan Tradisi Mandi Bareng Jelang Ramadhan, Warga Padang Lakukan Tradisi Mandi Bareng Jelang Ramadhan, Warga Padang Lakukan Tradisi Mandi Bareng Jelang Ramadhan, Warga Padang Lakukan Tradisi Mandi Bareng Jelang Ramadhan, Warga Padang Lakukan Tradisi Mandi Bareng Jelang Ramadhan, Warga Padang Lakukan Tradisi Mandi Bareng Jelang Ramadhan, Warga Padang Lakukan Tradisi Mandi Bareng

0 comments:

Post a Comment