Sunday, July 8, 2012

8 Capres Versi Survei SMRC

Megawati Soekarnoputri (Dok. Okezone)
Megawati Soekarnoputri (Dok. Okezone)

JAKARTA - Hasil survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menempatkan delapan tokoh yang diprediksi akan menjadi calon presiden pada Pilpres 2014 mendatang. Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, menempati posisi puncak dengan tingkat popularitas 93,7 persen.

Mantan Wakil Presiden, Muhammad Jusuf Kalla menempati urutan kedua dengan popularitas sebanyak 88,9 persen. Disusul Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto dengan 78,8 persen, Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto dengan 72,8 persen, Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie 70,1 persen, Sri Sultan Hamengkubowono X dengan 58,3 persen, Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum dengan 55 persen, dan Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa 54 persen.

Yang menarik, empat nama calon yang belum mengikuti Pilpres sebelumnya namun popularitasnya di atas 50 persen.

"Tiga nama yang tidak pernah bersaing dalam Pilpres dan sudah dikenal luas adalah Aburizal, Sultan, Anas Urbaningrum ditambah Hatta Rajasa," jelas Saiful Mujani dalam keterangan persnya, Minggu (8/7/2012).

Namun, menurut CEO SMRC, Grace Natalie, tingkat kesukaan dari pemilih terhadap kedelapan tokoh yang disebutkan di atas masih rendah, yakni tertinggi hanya 10 persen yang didapatkan Prabowo. Ini membuktikan bahwa tingkat elektabilitas capres masih rendah.

Untuk tingkat elektabilitas, Megawati diposisi kedua dengan 8 persen suara, dan Ical diposisi ketiga dengan 4,4 persen. Kemudian nama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diposisi keempat dengan 4,3 persen, dan JK dengan 3,7 persen ditempat kelima.

"Yang tertinggi ada di Prabowo, tapi hanya 10 persen. Tidak mungkin kan orang jadi Presiden dengan elektabilitas hanya 10 persen. Makanya, ini indikasi kuat belum ada tokoh yang dominan secara elektoral," terang Grace dalam pesan singkatnya kepada Okezone.

Oleh karena itu, Grace berpendapat calon alternatif masih punya kesempatan untuk untuk maju sebagai Capres. "Survei hari ini membuktikan mayoritas pemilih masih menunggu lahirnya seorang calon dengan kualitas personal dan track record baik tampil sebagai pemimpin," ungkapnya.
(trk)

8 Capres Versi Survei SMRC Gallery

8 Capres Versi Survei SMRC 8 Capres Versi Survei SMRC 8 Capres Versi Survei SMRC 8 Capres Versi Survei SMRC 8 Capres Versi Survei SMRC 8 Capres Versi Survei SMRC 8 Capres Versi Survei SMRC

0 comments:

Post a Comment