Tuesday, June 5, 2012

SBY Dijadwalkan Buka Pesta Kesenian Bali

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

DENPASAR- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan membuka Pesta Kesenian Bali  (PKB) ke- 34 yang akan berlangsung di Taman Budaya Art Center Denpasar, 11 Juni 2012.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Ketut Suastika mengungkapkan kesiapannya untuk menyelenggarakan hajatan kesenian terbesar di Bali.

“Pelaksanaan PKB digelar mulai 11 Juni hingga 9 Juli 2012 yang diisi berbagai macam lomba, pagelaran, pawai budaya, sarasehan, “ kata Suastika saat rapat Pleno PKB ke 34 di Kantor Gubernur Bali, Rabu (6/6/2012).

Selain itu, kegiatan setiap tahun sekali ini, bakal diisi dengan deklarasi  World Hindu Summit yang merupakan pertemuan tokoh-tokoh hindu dunia  tentang harmonisasi. PKB kali ini menjadi penting karena sama seperti tahun sebelumnya, akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sekaligus menyaksikan pawai budaya nusantara.

Kegiatan diawali dengan festival tari kolosal dan pawai yang berperan sebagai pengenalan khazanah seni budaya yang ada di Kabupaten Kota di Bali dan bebarapa daerah lainnya di Indonesia. Masyarakat akan dapat  menyaksikan pawai di depan  Monumen Perjuangan Rakyat Bali di  Bajra Sandi, Renon, Denpasar.

Malam harinya, masyarakat dihibur dengan  pagelaran perdana Oratorium Purusadha Santa Performance oleh Institut Seni Indonesia ISI Bali di Taman Budaya Denpasar.

Hajatan PKB juga memberi kesempatan kepada luar daerah dan luar negeri untuk mengisi panggung PKB. Sejumlah negara, seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Inggris yang akan mengirimkan grup keseniannya.

Dalam kegiatan yang bertema Paras Paros atau dinamika dalam kebersamaan dimaksudkan untuk motivasi  seniman berkarya. Juga sebagai media untuk  mengisi diri dan mengembangkan kreativitas bagi seniman dalam menghadapi tantantangan zaman.

Pihak panitia mengklaim dukungan terhadap penyelenggaraan PKB cukup besar dimana mereka menyatakan ketertarikannya untuk ambil bagian termasuk dari berbagai negara.

Promosi PKB  dilakukan sejak bulan November 2012, misalnya lewat website. ”Banyak yang menindaklanjuti dan  menanyakan  informasi seputar kegiatan PKB,” tutupnya.
(ugo)

SBY Dijadwalkan Buka Pesta Kesenian Bali Gallery

SBY Dijadwalkan Buka Pesta Kesenian Bali SBY Dijadwalkan Buka Pesta Kesenian Bali SBY Dijadwalkan Buka Pesta Kesenian Bali SBY Dijadwalkan Buka Pesta Kesenian Bali SBY Dijadwalkan Buka Pesta Kesenian Bali SBY Dijadwalkan Buka Pesta Kesenian Bali SBY Dijadwalkan Buka Pesta Kesenian Bali

0 comments:

Post a Comment