Sunday, June 10, 2012

SBY Bunyikan Okokan Tanda Dimulainya Pawai Seni di Bali

Ilustrasi (Foto: Abror Rizki/Setneg)
Ilustrasi (Foto: Abror Rizki/Setneg)

DENPASAR - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membunyikan alat musik tradisional Okokan, sekaligus menandai dimulainya pawai dalam rangka Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-34.

Pelaksanaan pawai yang dimajukan sehari itu dipusatkan di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Lapangan Nitimandala, Renon.

Pawai dilepas secara resmi oleh Presiden SBY, Minggu (10/6/2012) sekira pukul 14.10 Wita setelah membunyikan Okokan, alat musik yang biasa dipakai para petani di Kabupaten Tabanan dan Gianyar. Pawai budaya diikuti peserta dari sembilan kota/kabupaten di Bali, serta partisipan dari sejumlah daerah di Indonesia.

Gubernur Bali I Made Mangku Pastika, dalam sambutannya, mengatakan bahwa PKB sudah menjadi tradisi di Bali sejak lama.

Hajatan kesenian terbesar di Bali itu mengambil tema “Paras Paros” atau dinamika dalam kebersamaan yang merepresentasikan potensi kekayaan keseniaan dan perkembangan masyarakat Bali, serta keragaman kesenian nusantara.

”Untuk memberi nuansa baru, PKB kali ini telah dikemas dalam suasa berbeda. Dari kepesertaan dari duta kesenian sembilan kota/kabupaten di Bali dan daerah lain dengan nuansa baru berupa atraksi seni di atas panggung berjalan,” jelas Pastika.

Selain daerah di Bali, peserta juga datang dari Nusa Tenggara Barat, Maluku, Sumatra Utara, dan Pemuda Konghuchu.

Atraksi seni yang dipentaskan di panggung berjalan mencerminkan ciri khas tiap-tiap-tiap daerah.

Rangkaian PKB secara resmi akan dibuka di Taman Budaya Ardha Candra Art Center di Denpasar nanti malam sekira pukul 20.00 Wita.

Selain memberi sambutan, SBY diijadwalkan mengikuti deklarasi World Hindu Summit yang dilanjutkan dengan pemukulan kentongan Lanang Wadon sebagai tanda dibukanya PKB ke-34.

SBY, Ibu Negara, dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II juga akan menyaksikan pagelaran tari Pelangi Nusantara Purusada Santha yang dibawakan para mahasiswa dari Institut Seni Indonesia (ISI) Bali.

(ton)

SBY Bunyikan Okokan Tanda Dimulainya Pawai Seni di Bali Gallery

SBY Bunyikan Okokan Tanda Dimulainya Pawai Seni di Bali SBY Bunyikan Okokan Tanda Dimulainya Pawai Seni di Bali SBY Bunyikan Okokan Tanda Dimulainya Pawai Seni di Bali SBY Bunyikan Okokan Tanda Dimulainya Pawai Seni di Bali SBY Bunyikan Okokan Tanda Dimulainya Pawai Seni di Bali SBY Bunyikan Okokan Tanda Dimulainya Pawai Seni di Bali SBY Bunyikan Okokan Tanda Dimulainya Pawai Seni di Bali

0 comments:

Post a Comment