Tuesday, June 5, 2012

Persalinan Alami Tanpa Intervensi Medis


VIVAnews - Kita mungkin bergidik ngeri ketika mendengar kata persalinan. Teriakan kesakitan ibu yang tengah berjuang melahirkan buah hatinya. Kucuran darah segar. Peralatan bedah yang berserak. Tatapan tegang dokter dan suster. Semua itu seolah memberi gambaran betapa mengerikannya sebuah persalinan.

“Kelahiran merupakan momen puncak penentu hidup bagi seorang manusia. Tetapi, 95 persen persalinan ternyata membawa trauma bagi itu dan bayinya,” ujar Reza Gunawan, praktisi penyembuhan holistik.

Di tengah problematikan itu, muncullah solusi untuk meminimalisir trauma yang terjadi. Sebuah persalinan alami yang tak melibatkan campur tangan medis: gentle birth.

Yesie Aprilia dari Klinik Bidan Kita, mengatakan, Gentle Birth bukan metode melainkan filosofi. Gentle Birth menitikberatkan pada persalinan yang tenang dan memanfaatkan semua unsur alami dalam tubuh seorang manusia.

Tak ada dokter kandungan atau bidan yang membantu. Ibu hamil akan melakukan persalinan sendiri tanpa intervensi medis. Kalaupun ada bidan yang hadir, hanya bersifat pendamping.

“Sebenarnya Gentle Birth adalah satu-satunya persalinan yang paling aman. Karena sangat minim intervensi. Bayi pun dibiarkan lahir dengan kecepatan sendiri dan dalam waktunya sendiri. Lalu diterima ke dalam tangan orang-orang yang mencintai dan mengakuinya sebagai manusia seutuhnya dengan tujuan hidup sendiri,” kata Yesie.

Persiapan melakukan Gentle Birth pun termasuk mudah. Dimulai sejak masa kehamilan, calon ibu harus menata kondisi fisik dan mental. Persiapan fisik meliputi latihan pernapasan, olahraga ringan, pijat, dan konsumsi makanan sehat. Persiapan mental dengan rutin melakukan relaksasi hypno-birthing, meditasi, afirmasi positif, dan menjaga ketenangan jiwa.

Di Indonesia, peminat Gentle Birth kian bertambah. “Kami belum ada data, namun diperkirakan sekitar 3-5 persen di perkotaan, ibu hamil ingin melahirkan di rumah dengan konsep Gentle Birth,” kata dr Hariyasa Sanjaya, SpOG.

“Sebagian besar adalah dari kalangan yang well educated dan internet seeker. Kecenderungan ini sangat positif. Sekarang, ibu-ibu hamil pun semakin percaya diri untuk melalui proses persalinan,” dr Hariyasa menambahkan.

Persalinan Alami Tanpa Intervensi Medis Gallery

Persalinan Alami Tanpa Intervensi Medis Persalinan Alami Tanpa Intervensi Medis Persalinan Alami Tanpa Intervensi Medis Persalinan Alami Tanpa Intervensi Medis Persalinan Alami Tanpa Intervensi Medis Persalinan Alami Tanpa Intervensi Medis Persalinan Alami Tanpa Intervensi Medis

0 comments:

Post a Comment