Wednesday, June 27, 2012

Pakai Kosmetika Bisa Picu Jerawat


VIVAlife - Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, ada kulit normal, kulit kering, dan kulit berminyak. Sama halnya dengan karakter kulit wajah antara pria dan wanita. Kulit wanita cenderung lebih sensitif dibandingkan pria, hal ini karena adanya minyak di wajah dan penggunaan riasan yang kerap menyelimuti kulit setiap saat.

Sekitar 61 persen pria di Indonesia memiliki jenis kulit berminyak, jumlah tersebut tentunya lebih besar dari wanita. Pada dasarnya, kulit pria lebih berminyak disebabkan oleh hormon tetosteron yang lebih banyak dibandingkan wanita. Wanita juga memiliki hormon tersebut, tapi lebih sedikit kadar yang memengaruhinya kepada wajah.

"Jerawat pada pria dan wanita umumnya sama. Pada pria hanyalah sebatas kulit berminyak, kalau pada wanita penyebab utama karena kosmetik. Pada saat wajah dalam kondisi berminyak, beberapa wanita tetap menggunakan pelembab, pencerah wajah, dan bedak padat atau compact. Maka dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan jadilah jerawat," jelas dokter spesialis dermatologi MRCCC, Siloam, Dr. Samuel Lucas Simon, SpKK, Rabu, 27 Juni 2012.
 
Sayangnya, sebagian besar wanita tidak mempercayai bahwa kosmetik menjadi penyebab utama timbulnya jerawat terutama bagi mereka yang gemar merias wajah. Hal ini dikarenakan dalam kosmetik terdapat beberapa bahan yang dapat menimbulkan jerawat, salah satunya adalah asam miristat.

Zat ini banyak digunakan pada kosmetik karena mampu menyerap minyak dan kotoran di kulit. Oleh karena itu, membersihkan wajah dari sisa-sisa make up yang menempel adalah sebuah kewajiban yang tidak bisa ditolerir.

"Untuk merawat wajah memang tidak bisa dari luar saja, namun juga dari dalam tubuh. Tapi, ada cara sederhana yang dapat dilakukan agar terhindar dari jerawat, yaitu dengan membersihkan sisa make up, mencuci muka dua kali sehari, mengonsumsi buah lima warna (berbeda) serta sayuran dalam sehari, dan istirahat yang cukup."

Pakai Kosmetika Bisa Picu Jerawat Gallery

Pakai Kosmetika Bisa Picu Jerawat Pakai Kosmetika Bisa Picu Jerawat Pakai Kosmetika Bisa Picu Jerawat Pakai Kosmetika Bisa Picu Jerawat Pakai Kosmetika Bisa Picu Jerawat Pakai Kosmetika Bisa Picu Jerawat Pakai Kosmetika Bisa Picu Jerawat

0 comments:

Post a Comment