Sunday, June 17, 2012

Langsing Berkat Pilihan Warna Piring


VIVAlife - Frustasi dengan beragam metode pelangsingan tubuh yang tak kunjung membuahkan hasil? Jangan keburu menyerah. Coba cara mudah yang mendukung penurunan berat badan dengan mengubah warna piring makan.

Dikutip Telegraph, studi Cornell University, New York, menemukan bahwa seseorang cenderung mengambil porsi makan yang besar ketika sajian yang mereka santap memiliki warna sama dengan perangkat makannya.

Warna makanan yang sama atau mirip dengan warna piring membuat seseorang cenderung mengambil porsi 20 persen lebih banyak dibandingkan mereka yang menyantap makanan di piring dengan warna lebih kontras. 

Studi dilakukan di sebuah pesta dengan santapan prasmanan. Dengan dua pilihan warna piring, yakni putih dan merah, para tamu bebas memilih dua sajian menu yang tersedia: pasta dengan saus tomat merah, dan pasta dengan saus krim putih.
 
Mereka yang memilih piring merah cenderung mengambil pasta saus tomat 17-22 lebih banyak dibanding yang memilih piring putih. Sedangkan mereka yang memilih piring putih cenderung mengambil pasta saus krim 17-22 persen lebih banyak dibandingkan yang memilih piring merah.

Menurut peneliti, warna piring yang kontras dengan warna makanan menjadi semacam peringatakn yang menegaskan takaran porsi sebenarnya. Sedangkan warna piring yang hampir sama membuat porsi tersamar sehingga mereka cenderung tak sadar menyantap lebih banyak.

Ini berkaitan dengan studi terdahulu yang menunjukkan bahwa porsi makan juga dipengaruhi porsi makan. Ilusi optik membuat mereka cenderung mengambil porsi lebih banyak ketika memiliki piring lebih besar.

"Orang biasanya mengambil porsi banyak ketika mendapatkan piring besar dalam sebuah pesta santap malam. Karenanya, perlu warna piring kontras untuk memblokir ilusi ini," kata Profesor Brian Wansink, pakar pangan yang mempelajari perilaku konsumen.

Memperhatikan ukuran dan warna piring menjadi rahasia penting yang mendukung keberhasilan program penurunan berat badan. "Perubahan kecil seperti ini setiap hari bisa membantu membatasi porsi makan berlebih," ujarnya.

Langsing Berkat Pilihan Warna Piring Gallery

Langsing Berkat Pilihan Warna Piring Langsing Berkat Pilihan Warna Piring Langsing Berkat Pilihan Warna Piring Langsing Berkat Pilihan Warna Piring Langsing Berkat Pilihan Warna Piring Langsing Berkat Pilihan Warna Piring Langsing Berkat Pilihan Warna Piring

0 comments:

Post a Comment