Sunday, June 17, 2012

Kabut Asap di Riau Mengarah ke Malaysia

PEKANBARU - Kabut asap melanda Riau dan sekitarnya. Asap yang diakibatkan kebakaran hutan dan lahan juga mengarah ke Malaysia.

Namun pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Riau belum bisa memastikan apakah asap yang sudah menyeberang ke Negeri Jiran itu berasal dari Riau.

“Berdasarkan arah angin, tiupannya sekarang dari arah tenggara sampai dengan barat daya. Artinya, memang asap di Riau mengarah ke Malaysia. Kecepatannya delapan sampai 30 kilometer per jam. Tapi, kami tidak bisa pastikan apakah asap sampai ke Malaysia karena melewati Selat Malaka yang sangat luas,” kata staf BMKG Pekanbaru, Warih Budi Lestari, kepada Okezone, Senin (18/6/2012).

Warih berdalih kebakaran hutan dan lahan tidak hanya terjadi di Riau, namun juga sejumlah daerah di Indonesia.

Berdasarkan pantauan satelit NOAA, ditemukan seratusan titik api. Sebanyak 77 titik api tersebar di Riau, Aceh (22), Sumatera Selatan (17), Jambi (16), Sumatera Utara (14), dan daerah lainnya di bawah 10 titik api.

Warih menambahkan, akibat terjadinya kabut asap, terjadi penurunan jarak pandang di Riau. “Jarak pandang sekira dua kilometer,” imbuhnya.

(ton)

Kabut Asap di Riau Mengarah ke Malaysia Gallery

Kabut Asap di Riau Mengarah ke Malaysia Kabut Asap di Riau Mengarah ke Malaysia Kabut Asap di Riau Mengarah ke Malaysia Kabut Asap di Riau Mengarah ke Malaysia Kabut Asap di Riau Mengarah ke Malaysia Kabut Asap di Riau Mengarah ke Malaysia Kabut Asap di Riau Mengarah ke Malaysia

0 comments:

Post a Comment