Monday, June 11, 2012

Indonesia Perlu Contoh Dubes Australia


JAKARTA - Ketua Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM), Ifdhal Kasim berharap agar Duta Besar (Dubes) Indonesia mampu memetik pelajaran dari sikap yang dilakukan oleh Duta Besar Australia di Indonesia, yang dengan maksimal mampu memberikan perlindungan terhadap warga negaranya.  
Hal ini dapat dilihat dari upaya untuk memberikan perlindungan secara hukum oleh dubes Australia, terhadap salah seorang warga negaranya yang menjadi terpidana kasus penyelundupan narkoba, Schapelle Leight Corby.
 
"Harusnya kedutaan kita meniru kedutaan Australia di Indonesia pada kasus Corby, dimana dubesnya sangat memperhatikan warga negaranya. Tapi juga ya harus menggunakan  hukum setempat, hukum negara yang bersangkutan," kata Kasim kepada Okezone di Jakarta, Senin (11/06/2012).
 
Menurut Ifdhal, memang salah satu tugas utama seorang dubes adalah memberikan perlindungan hukum terhadap warga negaranya, serta melakukan pendekatan dengan pemerintah setempat jika terjadi permasalahan dengan warga negaranya.
 
"Dia memang harus salah satunya memberikan perlindungan kepada warganya di luar negeri. Sebagian pelayanan utama dari kedutaan. Kemampuan politik tingkat tingginya yang kita harapkan dari seorang diplomat (dubes). Aktif melakukan pendekatan, bukan hanya berpangku tangan," jelasnya.
 
Selain itu, sambung Ifdhal, seorang dubes juga harus memiliki kemampuan loby yang sangat baik. Hal ini diperlukan untuk meminimalisir resiko hukuman jika warga negaranya terlibat dalam suatu masalah atau kasus.
 
"Masalah itu kan terkait dengan bagaimana sistem tenaga kerja ketika ditempatkan di luar negeri. Termasuk sistem hukum. Yang penting adalah aktor ini (dubes), menjembatani atau berdialog. Dan kemampuan dalam berdiplomasi, di negara dimana dia ditempatkan. Jadi lobinya harus mahir betul," paparnya.
 
Untuk itu, maka seorang dubes harus memiliki visi serta komitmen yang kuat. Karena dubes bertugas untuk menjalin komunikasi dengan negara lain, namun di sisi lain dia juga harus memberikan keamanan hukum terhadap warga negaranya.
 
"Fungsi dubes ini kan memfasilitasi, komunikasi hubungan kerja dengan negara kita, memperlancar arus dagang, mempromosikan Indonesia, dan juga memberikan pelayanan warga Indonesia. Jadi harus memiliki visi dan komitmen yang kuat," pungkasnya.

(ydh)

Indonesia Perlu Contoh Dubes Australia Gallery

Indonesia Perlu Contoh Dubes Australia Indonesia Perlu Contoh Dubes Australia Indonesia Perlu Contoh Dubes Australia Indonesia Perlu Contoh Dubes Australia Indonesia Perlu Contoh Dubes Australia Indonesia Perlu Contoh Dubes Australia Indonesia Perlu Contoh Dubes Australia

0 comments:

Post a Comment