Sunday, June 17, 2012

Buruknya Kinerja SBY Pengaruhi Elektabilitas Demokrat

ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA- Elektabilitas Partai Demokrat (PD) kian hari kian merosot. Berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI), elektabilitas partai berlambang bintang Mercy itu hanya 11,3 persen.

Survei yang dilakukan pada 2-11 Juni 2012 kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia dengan menggunakan multistage random sampling.
Angka Partai demokrat itu turun dari hasil survei LSI pada Januari 2012, sebesar 13,7 persen. Sebelumnya pada Oktober 2011 elektabilitas Demokrat mencapai sebesar 16,5 persen.

Sementara itu, urutan pertama ditempati Partai Golkar dengan tingkat elektabilitas 20,9 persen dan di urutan kedua dipegang oleh PDI Perjuangan dengan 14 persen.

Menurut pengamat politik Universitas Indonesia, Iberamsjah, menurunnya tingkat elektabilitas PD tak hanya dipengaruhi oleh kader partai yang korup. Tapi, juga dipengaruhi kepemimpinan SBY yang buruk dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Karena SBY itu Presiden, dan juga Ketua Dewan Pembina Partai, bos partai, maka buruknya kinerja SBY juga mempengaruhi tingkat elektabilitas partai,” kata Iberamsjah, Minggu (17/6/2012).

Buruknya kinerja pemerintahan SBY, kata Iberamsjah, disebabkan karena dua faktor. Pertama, Character Leadership SBY yang lemah. Kedua, manajemen pemerintahan yang buruk.

“Karakter kepemimpinan SBY itu ragu-ragu, dia hanya mementingkan pencitraan, ingin bermain cantik, akibatnya pengarahan ke para menterinya pun tidak jelas. Dia bukan pemimpin, tak tahu negara ini mau dibawa ke mana,” kata Iberamsjah.

Lebih lanjut, Iberamsjah mengatakan, manajemen pemerintahan SBY itu carut marut. Peran Sudi Silalahi sebagai Menteri Sekertaris Kabinet, yang seharusnya sebagai “kepala” manajemen pemerintahan ternyata tidak berjalan dengan baik. “Ini menyangkut tata kerja menteri, bagaimana hubungan antar lembaga, seharusnya berjalan dengan baik, tapi urusan surat-menyurat saja terkadang tidak beres,” kata Iberamsjah

Iberamsjah menegaskan, rangkap jabatan yang kini dipegang SBY, tentunya berdampak besar pada partai. “Kelemahan SBY sebagai presiden  tentunya juga kelemahan partai demokrat, karena SBY sebagai kepala pemerintahan juga bos partai, satu orang bersenyawa, seharusnya SBY tak rangkap jabatan. Saat ini SBY tidak punya orang kedua di partai, akibatnya ya bila pemerintah buruk, demokrat juga buruk,” katanya.

Dikatakannya, kepemimpinan SBY saat ini sudah tidak bisa diandalkan lagi, sehingga jangan harap Partai Demokrat bisa menang di 2014. “Sebaiknya kita tutup buku saja hingga 2014, doakan saja semoga beliau sehat, tidak dijatuhkan rakyat. Karena bisa saja rakyat akan melakukan aksi seperti 1998,” katanya.
(ugo)

Buruknya Kinerja SBY Pengaruhi Elektabilitas Demokrat Gallery

Buruknya Kinerja SBY Pengaruhi Elektabilitas Demokrat Buruknya Kinerja SBY Pengaruhi Elektabilitas Demokrat Buruknya Kinerja SBY Pengaruhi Elektabilitas Demokrat Buruknya Kinerja SBY Pengaruhi Elektabilitas Demokrat Buruknya Kinerja SBY Pengaruhi Elektabilitas Demokrat Buruknya Kinerja SBY Pengaruhi Elektabilitas Demokrat Buruknya Kinerja SBY Pengaruhi Elektabilitas Demokrat

0 comments:

Post a Comment