Sunday, June 17, 2012

Penyebab Elektabilitas Partai Demokrat Anjlok

Ilustrasi (foto: Okezone)
Ilustrasi (foto: Okezone)

JAKARTA- Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Adjie Alfaraby, membeberkan penyebab menurunnya elektabilitas Partai Demokrat.

Menurut hasil survei kualitatif LSI, kata Adjie, Demokrat dinilai gagal melakukan {damage control} secara cepat. Seperti diketahui, Partai Demokrat tersandera dua mega kasus korupsi, yaitu kasus wisma atlet SEA Games dan sport centre Hambalang.

"Dalam kasus ini selalu muncul nama Anas Urbaningrum dan Andi Mallarangeng yang diduga kuat terlibat kasus korupsi. Keduanya adalah tokoh penting Demokrat. Anas sebagai ketua umum dan Andi Mallarangeng adalah mantan Juru Bicara dan Menteri Pemuda dan Olahraga kabinet SBY," tutur Adjie di kantornya Rawamangun, Jakarta, Minggu (17/6/2012).

Selain itu, lanjutnya, penyebab keterpurukan Demokrat lainnya adalah kekecewaan terhadap kinerja dan {leadership} Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Naik turunnya dukungan terhadap SBY berpengaruh pada naik turunya dukungan terhadap Demokrat.

Menurut Adjie, berdasarkan hasil survei di tingkat segmen masyarakat menengah kebawah isu kekecewaan kondisi ekonomi yang tidak kunjung membaik membuat masyarakat kecewa atas kinerja SBY. Sementara di segmen masyarakat menengah ke atas, isu kekecewaan lebih kepada perlindungan kebebasan warga negara dalam agama seperti kasus Ahmadiyah, pendirian Gereja, Irshad Manji, Konser Lady Gaga dan korupsi di partai SBY sendiri.

Penyebab lainnya keterpurukan Demokrat, yaitu Demokrat ketinggalan kereta. Hal itu karena Demokrat disibukkan dengan urusan elite (internal) sehingga lupa mengurus pemilihnya. "Partai Demokrat disibukan dengan pertengkaran internal," tuturnya.

Sementara partai lain, misalnya, Golkar sudah jauh hari melaunching program usaha kecil dan mendekati pemilih mayoritas.
Apa yang terjadi dengan Partai Demokrat ke depan? Adjie mengatakan, berdasarkan survei, Demokrat akan lebih anjlok lagi di bawah 10 persen elektabilitasnya.

"Demokrat terancam kembali ke khitahnya menjadi partai papan tengah seperti di 2004 dengan dukungan kurang dari 10 persen. Namun jika cepat konsolidasi, Demokrat bisa kompetitif lagi," paparnya.
(ugo)

Penyebab Elektabilitas Partai Demokrat Anjlok Gallery

Penyebab Elektabilitas Partai Demokrat Anjlok Penyebab Elektabilitas Partai Demokrat Anjlok Penyebab Elektabilitas Partai Demokrat Anjlok Penyebab Elektabilitas Partai Demokrat Anjlok Penyebab Elektabilitas Partai Demokrat Anjlok Penyebab Elektabilitas Partai Demokrat Anjlok Penyebab Elektabilitas Partai Demokrat Anjlok

0 comments:

Post a Comment