Saturday, July 14, 2012

Warga Riau Ancam Bakar Diri, Menhut: Kasus Pulau Padang Sudah Selesai

Menhut Zulkifli Hasan. (Foto: Koran SI)
Menhut Zulkifli Hasan. (Foto: Koran SI)

PEKANBARU - Sejumlah warga Pulau Padang, Kabupaten Meranti, Riau berencana akan melakukan aksi bakar diri untuk menolak izin HTI PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) di wilayahnya. Namun Menteri Kehutanan, Zulkifi Hasan menyatakan kasus Pulau Padang itu sudah selesai.  
 
"Kasus Pulau Padang sudah selesai. Jadi tidak perlu melakukan hal merugikan diri sendiri," kata Zulkifli Hasan dalam kunjungan kerjanya di Pekanbaru, Sabtu (14/7/2012) malam.
 
Departemen Kehutanan menyatakan saat ini tengah menyusun pola tata ruang di Pulau Padang terkait sengketa lahan masyakarat.
 
"Jadi jika di areal HTI ada lahan maupun rumah masyarakat harus dikeluarkan oleh perusahaan. Sekarang itu sedang berjalan. Jika mau diganti rugi perusahaan juga harus melakukannya," katanya lagi.
 
Sejumlah warga yang mengaku dari Pulau Padang, Riau menyatakan akan melakukan aksi bakar diri. Diperkirakan ada delapan orang yang akan melakukan aksi ini. Rencana aksi nekat mereka akan dilakukan di depan Istana Negara. Saat ini mereka sudah bergerak dari Riau menuju Jakarta.
 
Selain akan melakukan aksi bakar diri, warga Pulau Padang sebelumnya juga sempat melakukan aksi jahit mulut di depan pintu gerbang DPR RI Jakarta. Tuntutanya sama, mereka menolak PT RAPP beroperasi disana. Namun, belakangan mencuat kalau aksi mereka dibekingi sejumlah cukong kayu. Karena selama ini di Pulau Padang terjadi pembalakan liar. Masuknya perusahaan tentunya akan menghentikan aksi ilegal logging di sana.

(hol)

Warga Riau Ancam Bakar Diri, Menhut: Kasus Pulau Padang Sudah Selesai Gallery

Warga Riau Ancam Bakar Diri, Menhut: Kasus Pulau Padang Sudah Selesai Warga Riau Ancam Bakar Diri, Menhut: Kasus Pulau Padang Sudah Selesai Warga Riau Ancam Bakar Diri, Menhut: Kasus Pulau Padang Sudah Selesai Warga Riau Ancam Bakar Diri, Menhut: Kasus Pulau Padang Sudah Selesai Warga Riau Ancam Bakar Diri, Menhut: Kasus Pulau Padang Sudah Selesai Warga Riau Ancam Bakar Diri, Menhut: Kasus Pulau Padang Sudah Selesai Warga Riau Ancam Bakar Diri, Menhut: Kasus Pulau Padang Sudah Selesai

0 comments:

Post a Comment